Karanganyar (ANTARA) - Pengunjung di tempat wisata wahana The Lawu Park di Desa Gondosuli Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, Minggu, pada liburan Lebaran kedua mengalami peningkatan hingga dua kali lipat dibanding hari biasa.

Berdasarkan pantauan di Wisata The Lawu Park Tawangmangu, Karanganyar, menyebutkan para pengunjung yang datang dari berbagai daerah terlihat dari plat nomor kendaraan baik dari wilayah Solo Raya Jateng, Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Mereka menikmati berbagai wahana yang disiapkan oleh pengelola wisata dan diperkirakan wisatawan meningkat mencapai  1000 an orang pada liburan Lebaran tahun ini.

Menurut Manajer The Lawu Park Tawangmangu Anggun Nila Monica pengunjung wisata di The Lawu Park Tawangmangu meningkat sejak Jumat (21/4), mencapai 500 orang, kemudian Sabtu (22/4), mencapai 600 orang dan Minggu ini, hingga pukul 12.00 WIB saja sudah 1.000 tiket terjual.

"Kami perkirakan pengunjung di wisata The Lawu Park Tawangmangu hingga Minggu sore, bisa mencapai 1.500 orang atau meningkat dua kali lipat dibanding hari biasa," kata Anggun Nila.

Bahkan pada liburan Lebaran ini, beberapa hari ke depan diperkirakan akan terus meningkat terus melihat antusias masyarakat seiring sudah mulai bebasnya kasus COVID-19 di beberapa daerah.

Kapasitas The Lawu Park dengan luas sekitar 5 hektare itu, mecapai 4.000 hingga 5.000 pengunjung.

Selain itu, pengelola juga menyediakan penginapan yakni The Lawu Park Resort untuk mengunjung yang ingin menikmati sejuk hawa dingin udara dan pemandangan indah Gunung Lawu baik pada malam maupun siang hari.

Sebanyak 30 kamar dengan harga mulai dari Rp330 per malam hingga Rp1,5 jt per malam.

Sementara Sumadi selaku koordinator Lapangan The Lawu Park Tawangmangu mengatakan harga tiket masuk di The Lawu Park liburan Lebaran Rp25.000/ orang atau naik dibanding hari biasa hanya Rp20.000/orang.

The Lawu Park di Tawangmangu Karanganyar selain menyuguhkan taman salju yang menjadi andalan juga wahana lain seperti berkuda, fliying fox, taman bunga, rumah pohon, jembatan jalatunda, jelajah Jeep, Trail, Highrope, Taman kelinci, Taman domba, 3 Demensi, Jeep mini.

Selain itu, The Lawu Park juga banyak swafoto deck, spot swafoto tematik, lokasi kamping, resto dan cafe dengan suasana udara yang sejuk pemandangan pegunungan Lawu.

Pengunjung yang akan menikmati keindahan pemandangan alam pegunungan dengan sejuknya udara dapat datang ke The Lawu Park hanya biaya retribusi Rp20.000 per orang.

Budi Begen salah satu pengunjung warga Solo mengatakan sengaja bersama keluarga berkunjung ke The Lawu Park Tawangmangu setelah selesai acara silaturahmi bersama keluarga berkumpul berlebaran.

"Kami bersama keluarga menyempatkan berwisata ke Tawangmangu untuk menikmati indahnya pemandangan pegunungan Gunung Lawu di Karanganyar," katanya. 


Baca juga: Tiga objek wisata di Sentani ramai pengunjung saat libur Lebaran

Baca juga: Ribuan wisatawan padati objek wisata Pantai Glagah Kulon Progo

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023