Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi pada Minggu (23/4), mulai dari Sandiaga Uno yang menyatakan telah berpamitan dari Partai Gerindra hingga Presiden Joko Widodo yang bertolak ke Labuan Bajo untuk mengecek kesiapan ASEAN Summit.

Berikut rangkumannya:

1. Sandiaga pamit dari Partai Gerindra

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan bahwa ia telah berpamitan dari Gerindra dan telah menyampaikan permohonan maaf kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Intinya, tadi juga sudah mohon pamit," ujar Sandiaga Uno di kediaman Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu.

Selengkapnya di sini.

2. LSI nilai ada upaya Jokowi menduetkan Ganjar dan Prabowo Subianto

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan menilai ada upaya Presiden Joko Widodo untuk menduetkan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto sebagai pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden di Pemilu 2024.

"Karena posisi Ganjar sudah jelas sebagai capres dan didukung juga oleh Jokowi, maka dukungan Jokowi terhadap Prabowo menurut saya adalah upaya untuk mengajak Prabowo jadi pasangan Ganjar sebagai cawapres," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini.

3. Wapres yakin perbedaan politik Pemilu 2024 tidak timbulkan perpecahan

Wakil Presiden Ma'ruf Amin meyakini perbedaan pandangan dan pilihan politik pada Pemilu 2024 tidak akan menimbulkan perpecahan di antara masyarakat karena kuatnya tali persaudaraan.

"Pemilu yang akan datang tidak membuat kita terpecah, karena silaturahmi kita sudah kuat. Jadi, tidak terpecah karena adanya perbedaan politik," kata Wapres.

Selengkapnya di sini.

4. Jokowi tinjau UMKM dan lokasi wisata Labuan Bajo jelang KTT ASEAN

Presiden RI Joko Widodo meninjau kesiapan para pelaku UMKM dan lokasi wisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, menjelang KTT ASEAN ke-42 yang akan diselenggarakan di sana dalam waktu kurang dari tiga pekan.

Selengkapnya di sini.

5. Presiden Jokowi cek kesiapan Labuan Bajo untuk ASEAN Summit

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berkunjung ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, untuk mengecek kesiapan daerah pariwisata superprioritas ini dalam pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN atau ASEAN Summit pada 9 hingga 11 Mei 2023.

"Lagi cek final ASEAN Summit," kata Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina di Labuan Bajo, Ahad.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023