Lampung Selatan (ANTARA) -
"Berdasarkan data yang diperoleh dari Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2023, di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, total jumlah penumpang pejalan kaki pada 23 April 2023 sampai dengan 24 April tercatat sebanyak 4.253 orang. Sementara itu, jumlah penumpang pejalan kaki pada periode yang sama Lebaran tahun lalu tercatat sebanyak 3.091 orang," kata dia, di Bakauheni, Senin.

Selanjutnya, tidak hanya penumpang pejalan kaki yang mengalami kenaikan, namun penumpang di dalam kendaraan pun naik 10 persen.

"Jumlah penumpang di dalam kendaraan yang menggunakan jasa penyeberangan ASDP Cabang Bakauheni pada tahun 2023 sebanyak 33.152 orang, sedangkan pada tahun 2022 itu 39.074 orang," katanya pula.

Ia menambahkan kenaikan jumlah penumpang juga terjadi pada kendaraan roda dua yakni naik 15 persen.

Baca juga: Jumlah pemudik menuju ke Jawa dari Pelabuhan Bakauheni terus meningkat

Baca juga: ASDP seberangkan 30.363 penumpang dari Bakauheni menuju Merak


"Menurut data 24 jam, jumlah kendaraan roda dua pada hari ini sebanyak 3.044 unit, sedangkan pada tahun 2022 hanya 2.640 unit," katanya lagi.

Selanjutnya untuk jumlah kendaraan pribadi atau roda empat pada tahun ini mengalami peningkatan.

"Untuk jumlah kendaraan sedan dan sejenisnya pada hari ini sebanyak 6.413 unit, sedangkan pada tahun 2022 sebanyak 5.664 unit," katanya pula.

Dia mengatakan jumlah trip kapal yang beroperasi dalam angkutan arus balik Lebaran 2023 mengalami penurunan sekitar empat persen.

"Di tahun 2022 sebanyak 114 trip, sedangkan di tahun 2023 sebanyak 109 trip kapal yang beroperasi," ujarnya.

Sebelumnya, berdasarkan pemantauan pada Minggu (23/4) siang, menunjukkan bahwa terdapat ratusan penumpang pejalan kaki dan kendaraan memadati Dermaga Reguler dan Eksekutif Pelabuhan Bakauheni.

Ratusan pejalan kaki dan kendaraan pribadi tersebut tersebut di Dermaga Reguler dan Eksekutif Pelabuhan Bakauheni menunggu antrean untuk masuk naik ke atas kapal.

Meski terjadi antrean penumpang di jembatan gateway pelabuhan, namun tidak menimbulkan antrean yang cukup lama dan terlihat berjalan lancar dan aman.

Rudi Sunarko mengatakan bahwa jumlah penumpang dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan menuju Pelabuhan Merak, Banten mulai mengalami peningkatan pada arus balik Lebaran 2023.

"Menurut data jumlah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak, Banten meningkat dari hari kemarin," kata dia pula.

Pihaknya mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari.

"Jadi kami mengimbau untuk calon pemudik dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," demikian Rudi Sunarko.

Baca juga: Pelabuhan Merak pada H+1 seberangkan 66.992 orang menuju Bakauheni

Baca juga: Dermaga Eksekutif Bakauheni dipadati kendaraan pada hari Lebaran 2023

 

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023