Sentani (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Sentani di Kabupaten Jayapura, Papua mengatakan bahwa pada H+1 Lebaran 2023 arus balik masih rendah yakni 2.118 penumpang.

Stakeholder Relation Manager Bandara Sentani Surya Eka di Jayapura, Senin, mengatakan pada H+1 Lebaran 2023 tingkat arus balik penumpang masih rendah.

“Mungkin karena baru H+1 jadi masih dalam suasana Lebaran sehingga arus balik penumpang masih rendah, sejauh ini kami masih terus melakukan pemantauan arus balik di Bandara Sentani,” katanya.

Menurut Surya, penumpang arus mudik kemarin sebanyak 4.372 orang dan sampai dengan hari ini mencatat baru 2.118 orang penumpang per hari pada H+1 Lebaran.

“Kami dari pihak Bandara Sentani melalui Posko Angkutan Udara Hari Raya Idul Fitri 2023, melihat bahwa belum ada peningkatan penumpang yang signifikan pasca Lebaran,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya terus melakukan koordinasi bersama stakeholder terkait untuk terus memantau dan mengantisipasi arus balik penumpang Lebaran.

“Meskipun jumlah pemudik jelang Lebaran tidak sebanyak tahun lalu tetapi kami tetap melakukan pemantauan dengan berkoordinasi dengan pihak terkait,” katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya memprediksi puncak arus balik Lebaran 2023 akan terjadi pada 26 April 2023 untuk itu tim Posko Angkutan Udara Hari Raya Idul Fitri 2023 selalu memperbaharui informasi dari Bandara Sentani.

“Tim Posko Angkutan Udara Hari Raya Idul Fitri 2023 memprediksi bahwa puncak dari arus balik akan terjadi pada 26 April 2023,” ujarnya lagi.

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023