Jakarta (ANTARA News) - Gol Javier Hernandez pada menit-menit akhir telah menyelamatkan Manchester United dari kekalahan memalukan saat menjamu Newcastle United di Stadion Old Trafford, Rabu malam.

Alex Ferguson berjingkrak gembira saat Javier Hernandez mencetak gol dengan menyapu bola melayang umpan Michael Carrick dari sisi kiri gawang Newcastle, dan membawa United menang 4-3 dengan susah payah.

Bermain di kandang, United mendapatkan perlawanan keras dari anak-anak asuhan Alan Pardew yang lebih dulu unggul lewat gol cepat James Perch ketika pertandingan baru berjalan empat menit.

Gol pertama Newcastle itu tercipta berkat assist Demba Ba.

United kemudian baru bisa membalas menit 25 melalui Jonny Evans setelah mendapatkan umpan dari Javier Hernandez.

Kedudukan 1-1 tidak bertahan lama, karena Jonny Evans justru mencetak gol bunuh diri pada menit 28, dan membuat United tertinggal 1-2 hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, United sedikit lega ketika Patrice Evra mampu membalas gol untuk menyeimbangkan skor menjadi 2-2 pada menit 58. Assist van Persie dimanfaatkan dengan sempurna oleh Evra melalui tendangan keras dari luar kotak penalti.

Tapi lagi-lagi, pendukung tuan rumah United dibuat cemas karena Newcastle dengan cepat mampu membalas gol Evra pada menit 68.

Tendangan keras Papiss Cisse mampu menjebol gawang United, Newcastle kembali unggul 3-2.

Tertinggal lagi satu gol, United terus membangun serangan meskipun beberapa kali serangan balik Newcastle membahayakan gawang De Gea.

Upaya kubu Alex Ferguson tidak sia-sia, van Persie menunjukkan kepiawaiannya menjebol gawang, dengan melesakkan tembakan jarak jauh pada menit 70 dan mengubah keadaan menjadi imbang lagi 3-3.

Gol van Persie tercipta setelah tendangan pertamanya berhasil diblok Tim Krul. Bola muntah yang mengarah ke Michael Carrick kembali dioper ke van Persie dan gol.

Jual beli serangan terus berlangsung, sehingga penjaga gawang kedua tim harus berjuang keras menyelamatkan lubang kramatnya.

Beberapa kali baik De Gea maupun kiper Newcastle Tim Krul melakukan penyelamatan gemilang yang kalau saja sedikit lengah bisa berakibat fatal.

Satu aksi dramatis Chicarito pada menit 90 telah menyelamatkan Manchester United dari kekalahan. Hernandez telah membawa United menang 4-3 yang disambut gegap gempira pendukungnya di Old Trafford.

Setelah berhasil melewati pertandingan yang keras dan dramatis itu, Manchester United yang menghuni tempat teratas klasemen Liga Utama Inggris, mengantongi 46 poin, diikuti Manchester City dengan 39 poin.

Manchester City yang semula nyaris mengejar Manchester United, harus bersabar di tempat kedua setelah kalah 0-1 dari Sunderland melalui gol Adam Johnson menit 53 dalam pertandingan di Stadion Light Rabu malam juga, demikian data klasemen yang dilansir laman resmi Premier League.

(*)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012