Jombang (ANTARA) - Kepolisian Resor Jombang, Polda Jawa Timur, menyediakan fasilitas dua bus dengan 100 kursi secara gratis dalam program balik gratis Lebaran Idul Fitri 2023, sebagai upaya membantu masyarakat yang akan kembali ke tempat kerjanya di Surabaya.

Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat mengemukakan program balik gratis dalam Lebaran 2023 ini sengaja dilakukan guna memudahkan masyarakat Jombang mendapatkan sarana transportasi untuk balik ke Surabaya dengan dua bus yang disediakan dalam program ini tanpa dipungut biaya atau gratis.

"Kami siapkan dua armada bus untuk 100 masyarakat Jombang dengan tujuan Surabaya secara gratis," katanya di Jombang, Senin.

Selain memudahkan masyarakat dengan naik angkutan bus ini, hal ini juga meminimalisir angka kemacetan di jalan raya saat arus balik di Hari Raya Idul Fitri 2023 ini. Masyarakat bisa naik angkutan yang disediakan dalam program balik gratis ini.

Sementara itu, sejumlah masyarakat mengaku terbantu dengan fasilitas ini karena sudah membantu memudahkan masyarakat dalam menyediakan transportasi secara gratis.

Jonsen Situmeang (50), warga Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, mengatakan dirinya mengetahui informasi balik gratis ini dari media. Ia pun sengaja memanfaatkan momen ini agar tidak terlalu terkena macet di jalan.

"Tentunya ini sangat membantu kami. Ini sengaja naik bus ini, karena memang tujuannya mau kembali ke Surabaya," kata Jonsen.

Istiyowati (40), warga Kesamben, Jombang juga merasa terbantu dengan program ini. Ia juga sengaja segera kembali ke Surabaya, karena harus kembali bekerja.

"Saya berterimakasih atas bantuan armada gratisnya, ini sangat membantu dan memudahkan kami dalam transportasi ke Surabaya," kata Istiyowati yang bekerja sebagai pedagang ini.

Direktorat Lalulintas Polda Jatim bekerjasama dengan 39 polres jajaran, telah menyiapkan armada bus gratis untuk membantu memudahkan masyarakat yang hendak kembali ke Surabaya, dalam Program Balik Mudik Gratis Ditlantas Polda Jatim 2023.

Rombongan program balik gratis dari Polres Jombang ini juga sudah berangkat ke Surabaya. Proses pelepasan dilakukan secara langsung oleh Kapolres Jombang dan jajarannya.

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023