Selain alam di sini sangat menarik, juga akses jalan negara perbatasan yang sudah mulus.
Pontianak (ANTARA) - Objek wisata di daerah perbatasan yakni di Aruk, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) mulai menjadi primadona di daerah ini untuk berwisata air terjun dan lainnya.

"Saat ini air terjun dan aliran Sungai Bandong di Aruk ramai dikunjungi saat hari libur termasuk saat Lebaran ini," ujar pengunjung, Zunaidi saat dihubungi di Sambas, Senin.

Ia mengatakan alam di perbatasan itu sangat menawan, apalagi akses untuk ke sana sudah mulus.

"Selain alam di sini sangat menarik, juga akses jalan negara perbatasan yang sudah mulus," kata dia pula.

Menurutnya, hadirnya negara di perbatasan yakni Aruk, Sambas-Sarawak, Malaysia melalui pembangunan infrastruktur semakin membuat daerah maju. Termasuk sektor pariwisata karena akses sangat mudah.

"Selain berwisata di sini kami bisa melihat pembangunan di perbatasan berupa PLBN (Pos Lintas Batas Negara) Aruk dengan megah. Kawasan PLBN sangat menarik dan menjadi kebanggaan," ujar dia.

Di daerah Aruk, masyarakat bisa bermandi ria di Sungai Bandung. Dari aliran sungai dari pergunungan tersebut ramai dikunjungi saat libur seperti Lebaran.

Selain Sungai Bandung, terdapat juga Air Terjun Riam Merasap. Air terjun tersebut juga selalu menjadi destinasi ke daerah perbatasan.

Dari pusat ibu kota Kabupaten Sambas, untuk ke Aruk hanya butuh sekitar dua jam. Jalan yang mulus dengan status jalan negara membuat daerah tersebut menjadi akses utama ke negara tetangga.
Baca juga: Obyek wisata perbatasan masih ramai dikunjugi wisatawan

Pewarta: Dedi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023