Mamuju (ANTARA) - Polres Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat memperketat pengamanan di kawasan pemukiman, khususnya pada rumah-rumah warga yang ditinggal mudik lebaran.

"Sejak cuti bersama Idul Fitri, kami telah melakukan patroli keliling perumahan di daerah ini untuk memastikan keamanan rumah warga yang ditinggal mudik," kata Kasat Samapta Polres Mamuju Tengah Iptu Herman Sundu, Senin.

Patroli kawasan perumahan itu kata Herman Sundu, dilakukan personel Satgas Operasi Ketupat Marano 2023 Polres Mamuju Tengah.

"Patroli dilakukan di sejumlah perumahan yang berada di wilayah Topoyo, diantaranya Perumahan Grand City. Personel Satgas Operasi Ketupat Marano melakukan pengecekan untuk memastikan rumah-rumah warga dalam kondisi aman," jelas Herman Sundu.

Selain memastikan rumah-rumah warga yang ditinggal mudik aman, personel Satgas Operasi Ketupat Marano Polres Mamuju Tengah kata Herman Sundu, juga menyampaikan pesan-pesan keamanan dan ketertiban kepada masyarakat yang tidak mudik.

"Dengan berjalan kaki, petugas mengecek rumah warga satu persatu dan memberikan pesan keamanan dan ketertiban kepada masyarakat dan mengimbau agar saling berkoordinasi dalam menjaga keamanan," terang Herman Sundu.

Pengamanan kawasan perumahan itu lanjut Kasat Samapta, akan dilakukan selama arus mudik hingga arus balik Idul Fitri 2023 selesai.

Kepada warga yang tidak mudik, Herman Sundu mengimbau agar membantu kepolisian mengecek rumah warga yang kosong ditinggal mudik lebaran.

"Kami juga melibatkan warga agar ikut membantu menjaga keamanan dengan mengontrol rumah tetangganya yang kosong ditinggal mudik lebaran," kata Herman Sundu.

Kasat Samapta Polres Mamuju Tengah itu juga meminta masyarakat di daerah itu untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban khususnya di tempat-tempat keramaian yang banyak dikunjungi warga usai Idul Fitri.

"Kami juga meminta masyarakat yang memanfaatkan libur lebaran dengan mengunjungi tempat-tempat wisata dan tempat keramaian lainnya agar senantiasa menjaga keamanan," ujar Herman Sundu.

Pewarta: Amirullah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023