Palembang (ANTARA) - Tim Divisi Pemasyarakatan (Divpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan melakukan monitoring pelaksanaan layanan kunjungan Idul Fitri 1444 Hijriah di lapas dan rutan di provinsi setempat.

"Kegiatan monitoring itu dilakukan untuk memastikan pelayanan kunjungan keluarga narapidana atau warga binaan pemasyarakatan (WBP) berjalan dengan baik," kata Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumsel Bambang Haryanto, di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, pelaksanaan layanan kunjungan Lebaran dijadwalkan selama empat hari pada 22-25 April 2023 mulai pukul 07.30 hingga 15.00 WIB.

Untuk memberikan pelayanan terbaik selama dibukanya kunjungan Lebaran di lapas dan rutan, selain memaksimalkan regu pengamanan, ditugaskan pegawai staf sebagai personel tambahan, katanya.

Menurut dia, berdasarkan data kunjungan, pada hari pertama Idul Fitri, tanggal 22 April 2023 tercatat jumlah kunjungan terbanyak.

"Hari pertama Lebaran tercatat 11.600 orang pengunjung yang merupakan keluarga dari 3.063 orang narapidana atau WBP, sedangkan hari berikutnya di bawah 10.000 pengunjung," ujarnya.

Layanan kunjungan tatap muka dan layanan penitipan barang/makanan bagi WBP pada lapas, rutan, dan LPKA di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel pada Hari Raya Idul Fitri 1444 H berjalan dengan lancar dan kondusif.

Selama pelaksanaan layanan kunjungan Lebaran itu, pihaknya memperketat pengamanan dan pengawasan dengan bersinergi bersama aparat penegak hukum untuk mempertebal pengamanan khususnya pada waktu kegiatan layanan kunjungan tatap muka, kata Bambang

Sementara Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya menyampaikan apresiasinya serta berpesan kepada seluruh petugas untuk selalu siaga dan waspada terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban serta meningkatkan pengamanan dan pengawasan demi kelancaran kegiatan layanan kunjungan Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Dengan kewaspadaan yang tinggi dan kerja sama dari pengunjung, dalam pelayanan kunjungan beberapa hari ini Alhamdulillah tidak terdapat kendala maupun temuan barang terlarang pada bawaan pengunjung.

Layanan tersebut diharapkan dapat menjadi penawar rasa rindu warga binaan terhadap keluarga, oleh karena itu, teman-teman WBP dan keluarga agar dapat memanfaatkan layanan kunjungan Lebaran dengan sebaik-baiknya.

"Dengan adanya layanan kunjungan tatap muka WBP di Hari Raya Idul Fitri 1444 H, saya berharap layanan ini dapat membawa kebahagiaan bagi para warga binaan beserta keluarga dan menjadi momen yang berkesan di hari kemenangan ini," ujar Ilham.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023