Jakarta (ANTARA) - Personel Kepolisian membantu seorang pengendara mobil berinisial S yang kelelahan hingga pingsan di persimpangan atau lampu merah kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, setelah menempuh perjalanan mudik Lebaran 2023.

"Bila lelah atau mengantuk, istirahat sejenak dan jangan memaksakan diri mengemudikan kendaraan," kata Kapolsek Mampang Prapatan Kompol Mashuri di Jakarta, Senin.

Mashuri menambahkan, para pengemudi sudah seharusnya mengutamakan keselamatan dalam berkendara daripada kecepatan agar cepat sampai ke kampung halaman maupun arah baliknya.

Menurut dia, jika sopir tidak mengutamakan keselamatan akan membahayakan dirinya sendiri, penumpang dalam mobil maupun pengguna jalan lainnya.

"Tentunya kami mendatangi lokasi dan langsung memberikan pertolongan pertama kepada korban kelelahan hingga tak sadarkan diri," katanya.

Baca juga: Kakorlantas sebut kelelahan salah satu faktor penyebab kecelakaan
Baca juga: Menko PMK: Pemudik jangan paksakan diri jika kelelahan berkendara

Wakil Kepala Pos Pengamanan (Waka Pospam) Operasi Ketupat Jaya 2023 Kepolisian Sektor Mampang Prapatan Ipda Agung Adha menambahkan, pertolongan yang diberikan ini berlanjut membawa korban ke rumah sakit lantaran tetap tak sadarkan diri.

"Kami langsung membawa korban ke RSUD Mampang Prapatan untuk dilakukan penanganan oleh tim dokter," ujar Agung.

Hingga akhirnya, sang pengemudi berhasil diselamatkan dan selanjutnya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh tim dokter setelah sadar.

Kepolisian mengimbau agar pengendara mempersiapkan keamanan mulai dari kesehatan hingga tidur cukup agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

"Selain itu pengemudinya juga bisa beristirahat sebentar dengan memanfaatkan 'rest area' yang telah disediakan," katanya.
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023