jumlah bus AKDP yang tiba di Terminal Terpadu Amplas Medan di periode tersebut 48 unit dan jumlah penumpang 1.181 orang.
Medan (ANTARA) -
Sejumlah pengelola PO Bus Angkutan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) di Medan, Sumatera Utara memprediksi puncak arus balik dari pantai barat di Sumut terjadi pada H+6 Lebaran Idul Fitri 2023.
 
"Untuk puncak arus balik diprediksi terjadi H+6 Lebaran atau pada tanggal 26 April mendatang," ucap pengelola salah satu bus AKDP Ridwan (28), di Medan, Sumut, Senin.
 
Hingga H+1 Lebaran ini, lanjut dia, belum ada terjadi arus balik secara umum di Kota Medan, karena pemudik masih menikmati suasana Idul Fitri di kampung halaman.
 
Namun hingga kini jalur yang ditempuh bus AKDP dikelola pihaknya dalam kondisi padat merayap, terutama Medan - Berastagi di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.
 
Data Angkutan Lebaran Terminal Terpadu Amplas Medan 2023 tercatat total bus AKDP mulai H-7 hingga H+1 berangkat 332 unit dan jumlah penumpang 7.630 orang.
 
Sementara jumlah bus AKDP yang tiba di Terminal Terpadu Amplas Medan di periode tersebut 48 unit dan jumlah penumpang 1.181 orang.
 
"Kalau jalanan tetap padat, seperti Medan - Berastagi. Sampai sekarang mobil kita sudah tiga jam enggak lewat-lewat. Kita telepon jam 12.00 WIB posisi di Doulu, dan jam 3.00 WIB masih di Sembahe," kata Ridwan.
 
Hendra Jaya Taringan (30), penjual tiket di loket salah satu bus AKDP mengatakan kondisi arus balik dari pantai barat di Sumatera Utara belum terjadi.
 
"Hingga hari ini belum ada. Mungkin nanti mulai H+3 Lebaran sampai puncaknya kita prediksi pada H+6," tuturnya.
 
Silaban (42), penumpang bus AKDP tujuan Medan - Singalinging di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, mengaku kecewa karena bus yang ditumpanginya belum tiba akibat terjebak macet.
 
"Sudah tiga jam dari jadwal keberangkatan dengan bus itu, tapi hingga kini belum tiba juga. Menjengkelkan, kita sudah bosan ya menunggu. Capek, ngantuk dan semuanya di situ," katanya.
Baca juga: KAI Divre I prediksi puncak mudik Sumut H-3 atau H-2 Lebaran
Baca juga: KAI Sumut: 87.115 tiket masa angkutan Lebaran 2023 laku terjual
Baca juga: Penumpang pesawat arus balik di Bandara kualanamu capai 25.103 orang

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023