Medan (ANTARA) - PT KAI Divre I Sumatera Utara menyatakan bahwa 87.115 tiket untuk masa angkutan Lebaran, 12 April—3 Mei 2023, sudah terjual.

"Itu sudah termasuk tiket kereta api lokal dan jarak jauh," ujar Manajer Humas PT KAI Divre I Sumatera Utara Anwar Solikhin di Medan, Senin (17/4).

Namun, jumlah tersebut masih sekitar 22 persen dari total tiket yang dijual pada masa Lebaran 2023, yakni 384.430 tiket.

Dikatakan pula bahawa terjadi penambahan jumlah total tiket yang dijual pada masa Lebaran 2023.

Sebelumnya, PT KAI Divre I Sumut menyiapkan total 270.707 lembar tiket untuk keberangkatan pada tanggal 12 April—3 Mei 2023.

"Total tiket makin banyak karena penambahan kapasitas KA lokal yang sebelumnya hanya bisa mengangkut 100 persen penumpang. Pada saat ini bisa membawa sampai dengan 150 persen," tutur Anwar.

Peningkatan kapasitas itu, lanjut dia, sesuai dengan regulasi dari Kementerian Perhubungan.

PT KAI Divre I Sumut mengoperasikan 38 kereta api untuk mengangkut penumpang selama masa angkutan Lebaran 2023 dengan perincian 14 kereta api jarak jauh dan 24 kereta api lokal.

Ia lantas menyebutkan sejumlah kereta api tersebut, yaitu KA Sribilah Utama tujuan Medan-Rantauprapat pulang pergi (enam kereta api), KA Sribilah Premium tujuan Medan Rantauprapat pulang pergi (dua kereta api), dan KA Putri Deli tujuan Medan-Tanjung Balai pulang pergi (enam kereta api) untuk kereta api jarak jauh.

Sementara itu, kereta api lokal adalah KA Siantar Ekspress tujuan Medan-Siantar pulang pergi (dua kereta api), KA Srilelawangsa tujuan Medan Binjai-Kualabingai pulang pergi (20 kereta api), dan KA Datuk Belambangan tujuan Tebing Tinggi-Lalang pulang pergi (dua kereta api).

Karena masih banyak tiket yang dapat dibeli, PT KAI Divre I Sumut pun mengingatkan kepada calon penumpang untuk memesan tiket sejak jauh hari agar tidak kehabisan.

Pemesanan dapat melalui aplikasi "KAI Access", laman kai.id dan saluran resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Baca juga: KAI Sumut ingatkan masyarakat gunakan masker di stasiun dan kereta api
Baca juga: KAI Sumut sebut 21.181 tiket masa angkutan Lebaran sudah laku

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023