Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi pada Senin (24/4), mulai dari Komisi II DPR yang menegaskan tenaga honorer tidak akan dihapus hingga tanggapan Mahfud MD atas pernyataan Presiden Jokowi soal bakal cawapres dari PDI Perjuangan.

Berikut rangkumannya:

1. Komisi II tegaskan tenaga honorer tidak akan dihapus

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Yanuar Prihatin menegaskan bahwa tidak akan terjadi penghapusan dan PHK massal tenaga honorer di akhir tahun 2023 ini.

"Saat ini masih ada simpang siur informasi di kalangan pegawai pemerintah non ASN bahwa tenaga honorer akan dihapus pada 28 November 2023 sesuai dengan aturan yang masih berlaku saat ini," kata Yanuar dalam keterangan resminya, Senin.

Selengkapnya di sini.

2. Panglima lepas keberangkatan 39 prajurit bantu evakuasi WNI di Sudan

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono di Jakarta, Senin, melepas keberangkatan 39 prajurit untuk mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang terjebak konflik bersenjata di Sudan.

Laksamana Yudo saat apel di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, memerintahkan para prajurit untuk bekerja sesuai prosedur dan menjaga nama baik Indonesia mengingat mereka tidak hanya bertugas sebagai prajurit TNI, tetapi juga duta bangsa.

Selengkapnya di sini.

3. KIB bertemu Kamis bicarakan arah politik pasca-pancapresan Ganjar

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengatakan bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan melakukan pertemuan pada Kamis (27/4) usai Ganjar Pranowo diusung PDI Perjuangan sebagai bakal calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

"Insya Allah, PAN, Golkar, PPP (KIB) akan bertemu dalam silaturahmi Lebaran di Jakarta pada hari Kamis, 27 April 2023," ujar Viva kepada ANTARA di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini.

4. Sekjen PDIP buka suara terkait pertemuan KIB pada Kamis

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto buka suara terkait pertemuan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang beranggotakan PAN, Golkar dan PPP pada Kamis (27/4).

"Ya, artinya memang bandul dan konstelasi politik itu memang berubah," ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini.

5. Mahfud MD tanggapi pernyataan Jokowi soal Cawapres

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD buka suara soal namanya yang dinilai menjadi salah satu sosok potensial oleh Presiden Joko Widodo untuk mendampingi Calon Presiden (Capres) dari PDIP Ganjar Pranowo dI Pilpres 2024.

"Kami lihat sajalah, demokrasi kami bagus, sekarang maju. Orang bisa menyebut nama orang, bisa menyebut dirinya sendiri juga bisa," kata Mahfud saat ditemui wartawan di Surabaya, Senin.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023