Yogyakarta (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meningkatkan pengamanan seiring lonjakan kunjungan masyarakat di sejumlah objek wisata di wilayahnya selama libur Lebaran 2023.

"Polda DIY dan jajaran telah dikerahkan untuk melaksanakan pengamanan
objek wisata dengan target utama yaitu keamanan, keselamatan, dan kenyamanan pengunjung wisata," kata Kasubbidpenmas Bidhumas Polda DIY AKBP Verena Sri Wahyuningsih dalam keterangannya di Yogyakarta, DIY, Selasa.

Menurut Verena, pengamanan dilakukan di seluruh objek wisata untuk mencegah gangguan keamanan dan menjaga ketertiban masyarakat.

"Semoga wisatawan bisa menikmati liburan di Yogyakarta dengan aman, nyaman, dan berkesan," kata dia.

Pada libur Lebaran hari ketiga atau Minggu (23/4/2023), Polda DIY telah melaksanakan pengamanan di beberapa tempat wisata di Yogyakarta.

Berdasarkan pantauan dari Posko Operasi Ketupat Progo 2023 pada hari keenam atau Minggu (23/4/2023), tempat wisata dengan pengunjung terbanyak adalah Pantai Parang Tritis sebanyak 8.286, Malioboro sebanyak 7.220, Pantai Pulang Syawal sebanyak 4.026, Kebun Binatang Gembiraloka sebanyak 3.739, dan Candi Prambanan sebanyak 2.976 pengunjung.

Sementara itu, Dirpolairud Polda DIY Kombes Pol Pitoyo Agung Yuwono juga menambahkan pencegahan kecelakaan laut dilakukan bersinergi dengan stakeholder maritim dan instansi terkait.

Ia memastikan pemasangan tanda bahaya karena adanya palung laut yang berbahaya, patroli dengan menggunakan ATV UTV, hingga patroli jalan kaki.

"Kami mengimbau wisatawan tetap waspada berenang di daerah aman serta menjaga anak-anak agar dalam pantauan serta menjaga barang bawaan dengan baik," kata dia.

Baca juga: Kapolda: situasi kamtibmas kondusif mutlak bagi lingkungan pariwisata

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023