Jakarta (ANTARA) - Taeyang dari boy group BIGBANG mengatakan bahwa momen ketika dirinya menyaksikan matahari terbenam menjadi sumber inspirasi utama untuk album mini (EP) solo terbarunya bertajuk "Down to Earth".

"Selama masa sulit dan menantang bagi saya, saya semacam menemukan pelipur lara saat menyaksikan matahari terbenam," kata Taeyang di Seoul, Korea Selatan, sebagaimana laporan Yonhap yang disiarkan Selasa.

Taeyang turut membagikan pengalamannya tentang bagaimana dirinya memulai babak baru dalam berkarier sebagai artis solo di bawah naungan The Black Label saat ini.

"Gagasan bahwa matahari selalu terbenam tanpa mengeluh, ini mengilhami saya untuk mengerjakan beberapa hal kecil, betapapun sulit situasinya, dan ini merupakan cara yang indah untuk mengatasi kondisi saat sulit. Gagasan seperti itu juga mengingatkan kepada saya bagaimana saat pertama kali untuk memulai," kata Taeyang.

Taeyang memutuskan untuk menulis kata-kata yang digabungkan menjadi lirik lagu tentang apa pun yang dia rasakan dalam kehidupan sehari-harinya. Menurut dia, EP "Down to Earth" menampilkan beragam emosi dan pikiran dalam kehidupan sehari-hari melalui genre-genre seperti ballad, hip-hop, dan soul.

Baca juga: "Shoong!" jadi karya kolaborasi Taeyang BIGBANG dan Lisa BLACKPINK

Selama hampir lima tahun hiatus dari aktivitas di BIGBANG, Taeyang menikah dan menjalani kehidupan pribadi sebagai ayah dari seorang anak laki-laki yang saat ini berusia 17 bulan.

BIGBANG, yang populer di akhir tahun 2000-an dan awal 2010-an, sempat hiatus karena keempat anggotanya menjalani wajib militer. Setelah para anggota menyelesaikan wajib militer kondisi pandemi COVID-19 membuat aktivitas BIGBANG terhambat.

Mereka baru kembali pada April tahun lalu melalui single "Still Life".

Album "Down to Earth" dijadwalkan rilis pada Selasa pukul 6 sore waktu setempat. EP itu terdiri dari enam lagu termasuk lagu prarilis "Vibe" yang menampilkan Jimin BTS, "Shoong!" menampilkan Lisa BLACKPINK, serta lagu utama yang berjudul "Seed".

Baca juga: Taeyang BIGBANG bakal berkolaborasi dengan Lisa BLACKPINK

Baca juga: Taeyang BIGBANG bicara "Vibe", single kolaborasi dengan Jimin BTS

Baca juga: Taeyang dan Daesung BIGBANG kembali dari wamil

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023