Jakarta (ANTARA) - Anggota grup idola K-pop BIGBANG, Taeyang dan Seungri, telah memutuskan untuk keluar dari YG Entertainment menyusul berakhirnya kontrak mereka di agensi hiburan Korea Selatan tersebut.

Baca juga: Taeyang, Daesung BIGBANG selesai wamil pada 10 November

Dikutip dari Yonhap, Selasa, Taeyang telah menandatangani kontrak baru dengan The Black Label yang dipimpin oleh produser kenamaan Teddy.

"Taeyang BIGBANG datang untuk bekerja sebagai artis The Black Label yang berafiliasi dengan YG Entertainment," kata agensi itu.

Didirikan oleh Teddy, yang merupakan produser utama YG, pada tahun 2016, The Black Label kini menjadi rumah bagi Zion. T, Jeon Somi dan R.Tee.

"Kami sangat senang mengumumkan awal baru Taeyang. Tidak ada perubahan dalam statusnya sebagai keluarga YG dan anggota BIGBANG. Karena kami tahu banyak orang menunggu aktivitas grup, kami akan berusaha untuk mewujudkan ini bersama," kata agensi tersebut.

Di sisi lain, anggota lainnya yaitu Daesung, memutuskan untuk hengkang dari YG.

"Daesung telah memutuskan untuk mengakhiri kontraknya dengan kami. Dia sedang mencari awal yang baru," kata YG, dikutip dari Soompi.

"Fakta bahwa Daesung adalah member BIGBANG tidak berubah. Kami mendukung pilihan dan awal baru Daesung, dan kami selalu terbuka untuk bekerja sama dengannya," imbuhnya.

Adapun soal G-Dragon, YG Entertainment berkomentar bahwa agensi masih dalam proses negosiasi kontrak.

Sementara itu, anggota lainnya yakni T.O.P meninggalkan YG Entertainment setelah kontraknya berakhir awal tahun ini.

BIGBANG sendiri memulai debutnya sebagai grup beranggotakan lima orang pada tahun 2006 dan sejak itu telah merilis sejumlah lagu populer seperti "Lies", "Last Farewell", "Fantastic Baby", dan "Bang Bang Bang". Mereka memantapkan diri sebagai salah satu grup K-pop yang memiliki pengaruh cukup besar di Asia dan dunia.

Setelah kepergian Seungri dari BIGBANG, grup tersebut kembali sebagai kuartet dengan single baru, "Still Life," pada bulan April setelah empat tahun absen, yang dikarenakan wajib militer anggota.


Baca juga: YG tengah pastikan Taeyang BIGBANG gaet Jimin BTS di album baru

Baca juga: Taeyang BIGBANG hingga WEi dikabarkan akan "comeback"

Baca juga: YG Entertainment tanggapi kabar "comeback" Taeyang: Belum diputuskan

 

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022