Jakarta (ANTARA) -
PT Kereta Api Indonesia mencatat ada 42 ribu pemilir (pemudik yang balik) yang tiba di Jakarta dan sekitarnya pada H3 lebaran.
 
"Hari ini ada 42 ribu pengguna yang tiba, dari jumlah tersebut, 16.200 penumpang turun di Stasiun Pasar Senen, 16.000 di Stasiun Gambir, 4.000 di Stasiun Bekasi, 4.400 di Stasiun Jatinegara," kata Kepala Hubungan Masyarakat KAI Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta Eva Chairunisa di Jakarta, Selasa.
 
Eva mengatakan, sebagian penumpang juga turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang, dan Cikampek. Jumlah ini meningkat dua kali lipat dari masa normal.
 
Ia menambahkan, mayoritas pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo dan Malang.

Baca juga: KAI: 40 ribu pemudik tiba kembali ke Jakarta hari ini

Baca juga: LRT Sumsel tambah 8 perjalanan pada Lebaran 2023

 
Pada H3 lebaran ini, Stasiun Gambir Jakarta Pusat juga mencatat volume pemudik yang masih tinggi, dengan total penumpang berangkat hari ini mencapai sekitar 13.800 dengan layanan 38 KA beroperasi.
 
"KAI Daop 1 Jakarta melakukan sejumlah persiapan pada arus balik, diantaranya menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang, sehingga penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan diimbau agar tidak berdiri dan meletakkan barangnya di sembarang tempat yang dapat mengganggu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun," tutur Eva.

Baca juga: Daop 8 Surabaya pastikan masinis dalam kondisi prima saat bertugas

Baca juga: KAI catat 38 kereta api berangkat dari Stasiun Gambir pada H-2 Lebaran

 

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023