Penyeberangan berjalan lancar, aman dan selamat sampai tujuan
Merak (ANTARA) -
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) pada arus balik H+1 Lebaran 2023 atau Senin (24/4) menyeberangkan kendaraan roda empat atau mobil sebanyak 5.576 unit dari Pelabuhan Merak Cilegon, Banten, menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.
 
Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin dalam keterangan tertulis di Merak, Cilegon, Banten, Selasa, mengatakan jumlah kendaraan roda empat pada H+1 mencapai 5.576 unit atau turun 9 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022 sebanyak 6.139 unit.

Selain itu total kendaraan roda dua yang telah menyeberang mencapai 1.994 unit atau turun 9 persen dibandingkan realisasi tahun 2022 yang mencapai 2.190 unit.
 
Sedangkan, truk logistik yang telah menyeberang dari Jawa ke Sumatera mencapai 313 unit atau turun 24 persen dibandingkan realisasi periode yang sama di tahun lalu sebanyak 411 unit.
 
Dengan demikian, total seluruh kendaraan tercatat 8.120 unit yang telah menyeberang dari Jawa ke Sumatera pada H+1 atau turun 10 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 9.000 unit.

Baca juga: Penumpang Pelabuhan Bakauheni menuju Jawa capai 88.758 orang pada H+2
 
"Penyeberangan berjalan lancar, aman dan selamat sampai tujuan," kata Shelvy.
 
Menurut dia, selama ini, arus balik melalui Pelabuhan Merak menuju Pulau Sumatera berjalan lancar dan tidak terjadi kepadatan kendaraan di tujuh dermaga yang ada.
 
Para pengendara kendaraan roda empat dari Jawa yang hendak kembali ke daerah asalnya di berbagai daerah di Pulau Sumatera setelah tiba di Pelabuhan Merak bisa langsung diseberangkan menuju Pelabuhan Bakauheni.
 
Bahkan, jumlah penumpang pada H+1 di Posko Merak tercatat 42.226 orang menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.
 
"Semua penumpang dan kendaraan terlayani dengan mengoperasikan 32 unit kapal hingga selamat sampai tujuan,"katanya menjelaskan.
 
Shelvy mengimbau pengguna jasa agar membeli tiket secara daring guna kelancaran penyeberangan Merak-Bakauheni maupun sebaliknya Bakauheni-Merak.
 
ASDP telah membuka penjualan tiket ferry periode Angkutan Lebaran 2023 sejak 60 hari sebelumnya.
 
Pengguna jasa khususnya di lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk, dapat memesan tiket ferry untuk arus balik Lebaran mulai dari sekarang karena sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan.
 
Sekarang semua di pelabuhan sudah tidak ada lagi penjualan tiket.
 
Sementara itu, seorang pengendara kendaraan roda empat di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak mengatakan bahwa dirinya lebih awal arus balik pada H+1 ke Bengkulu setelah merayakan Idul Fitri di rumah orang tua di Jakarta.
 
Ia mengapresiasi perjalanan dari Jakarta sampai Pelabuhan Merak berjalan lancar tanpa terjadi kemacetan dan kepadatan.
 
"Kami senang perjalanan arus balik tahun 2023 lancar, sehingga bisa cepat diseberangkan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung," kata Wahyu warga Bengkulu.

Baca juga: Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk pada H+2 Lebaran 2023 ramai lancar

Baca juga: ASDP: Pergerakan penumpang dari Sumatera ke Jawa H+1 Lebaran lancar
 
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023