Tidak ada peningkatan yang berarti, berbeda seperti Hari Raya Natal dan Tahun Baru
Jayapura (ANTARA) - PT Pelni Cabang Jayapura, Papua, menyebutkan kondisi arus balik Lebaran 2023 di Pelabuhan Jayapura tidak seramai saat Natal dan tahun baru sehingga berlangsung normal atau biasa saja

Kepala Cabang Pelni Jayapura Slamet Yanuardi di Jayapura, Selasa, mengatakan kondisi arus balik lebaran di Pelabuhan Jayapura setiap tahun berlangsung normal.

"Tidak ada peningkatan yang berarti, berbeda seperti Hari Raya Natal dan Tahun Baru," katanya.

Menurut Slamet, meski begitu pihaknya tetap melakukan persiapan untuk arus balik di Pelabuhan Jayapura seperti memperhatikan keselamatan dan keamanan penumpang.

"Karena keselamatan penumpang di kapal menjadi yang paling utama," ujarnya.

Baca juga: Arus balik pemudik terpantau landai di Pelabuhan Tanjung Priok

Baca juga: Pelni Medan bersiap hadapi arus balik di Pelabuhan Belawan


Dia menjelaskan pada masa arus balik lebaran hanya ada dua kapal yang masuk ke Pelabuhan Jayapura, yang pertama pada 29 April 2023 dan pada 6 Mei 2023.

"Sehingga dipastikan arus balik akan normal karena kebanyakan pemudik yang dari Pulau Jawa terutama yang menggunakan kapal laut itu sudah jauh-jauh hari berangkat menuju Pelabuhan Jayapura," katanya lagi.

Dia menambahkan, pihaknya mengakui kondisi arus mudik lebaran dan arus balik di Pelabuhan Jayapura lebih ramai ketika mudik lebaran karena perjalanan dilakukan secara bersama-sama.

"Sementara untuk arus balik ada pemudik yang menggunakan transportasi udara dan jika ada yang menggunakan kapal laut itu pasti perjalanannya masing-masing karena membutuhkan waktu yang cukup lama bisa sampai enam hari untuk sampai ke Jayapura," ujarnya.

Baca juga: Pelni Medan apresiasi koordinasi antarpihak sehingga mudik lancar

Baca juga: Pelni Jayapura imbau warga lakukan pembelian tiket secara daring

Baca juga: Pelni Jayapura siapkan tiga armada kapal antisipasi mudik lebaran


 

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023