Untuk mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H kami perkiraan akan terjadi lonjakan penumpang sekitar 6 persen....
Jayapura (ANTARA) - PT Pelni Jayapura menyiapkan tiga armada kapal untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada mudik Lebaran 2023. 

Kepala PT Pelni Cabang Jayapura Selamat Yanuardi di Jayapura, Selasa, mengatakan untuk mudik Lebaran 2023 pihaknya memprediksi akan terjadi lonjakan penumpang sekitar 6 persen di mana untuk daerah yang dilewati yakni Ambon, Bau-bau, dan Makassar.

" Untuk mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H kami perkiraan akan terjadi lonjakan penumpang sekitar 6 persen di mana tahun sebelumnya penumpang yang naik di Pelabuhan Jayapura sebanyak 8.000 orang kini naik menjadi sekitar 9.000 orang," katanya.

Baca juga: Pelni Baubau sebut 11 kapal siap untuk layani angkutan lebaran 1444 H

Menurut Selamat, dengan menyiapkan tiga armada kapal, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan melakukan mudik di mana pihaknya menyesuaikan dengan tiket kapal sehingga dipastikan semua  mendapatkan kursi.

"Untuk kapal yang akan masuk selama mudik Lebaran yakni KM Sinabung, Gunung Dempo, dan Ciremai dengan rute paling banyak Ambon, Bau-bau, dan Makassar, " ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya memprediksikan lonjakan penumpang akan terjadi pada Sabtu (8/4) sehingga diharapkan para penumpang  membeli tiket jauh-jauh hari atau menggunakan website Pelni.

"Untuk mengantisipasi penumpang ilegal kami bekerja sama dengan pihak keamanan memperketat pengamanan masuk pintu masuk kapal," katanya lagi.

Baca juga: PT Pelni Batam tambah satu armada kapal untuk antisipasi arus mudik

Dia mengatakan pihaknya juga mengimbau para penumpang untuk lebih teliti dalam melakukan pembelian tiket serta tidak melakukan penjualan tempat tidur ke oknum-oknum di atas kapal.

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023