Batam (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Batam, Kepulauan Riau menambah satu armada kapal untuk antisipasi arus mudik Lebaran 2023.

Kepala PT Pelni Cabang Batam Muhammad Iqbal di Batam, Senin, mengatakan KM Dorolonda akan melayani pelayaran dari Batu Ampar pada Selasa (18/4), pukul 12.00 WIB dengan tujuan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Selain itu, pelayaran pada Kamis (20/4), pukul 17.00 WIB dengan tujuan Kijang dan Tanjung Priok, Jakarta.

"Tambahan armada kapal KM Dorolonda sesuai di jadwal bulanan. Tapi jadwal tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu," kata dia.

Terkait dengan syarat perjalanan, pihaknya merujuk pada Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Menhub) Nomor 83 Tahun 2022 yaitu penumpang kapal laut diwajibkan telah divaksin COVID-19 dosis penguat. Aturan ini berlaku untuk Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) dengan usia 18 tahun ke atas.

Baca juga: Pelni Medan minta dispensasi penumpang pada arus balik Lebaran 2023

Bagi penumpang usia 6-17 tahun tidak diberlakukan aturan vaksinasi penguat, tetapi wajib memenuhi syarat minimal vaksinasi dosis kedua.

Bagi penumpang di bawah usia 6 tahun dikecualikan dari aturan vaksinasi tetapi harus dengan pendamping yang memenuhi syarat SE Menhub No. 83 Tahun 2022.

Ia menambahkan bagi masyarakat yang ingin memesan tiket kapal dapat langsung mendatangi loket PT Pelni Cabang Batam maupun secara daring.

"Tiket bisa di loket Pelni, laman pelni.co.id. dan travel-travel kerja sama," ujar Iqbal.

Sebelumnya, ia mengingatkan seluruh calon penumpang kapal rute Batam-Belawan tidak membeli tiket dari calo untuk mewaspadai adanya penipuan penjualan tiket kapal.

“Saya mengingatkan kepada seluruh calon penumpang agar mewaspadai penipuan, sehingga tidak membeli tiket melalui calo tiket, iklan di media sosial dan pembayaran dengan transfer ke rekening pribadi,” ujarnya.

Dia menjelaskan pembelian tiket kapal Pelni hanya bisa didapatkan melalui situs web resmi Pelni, aplikasi resmi, kontak person, loket penjualan di kantor cabang PT Pelni, biro perjalanan resmi, dan gerai ritel modern yang sudah bekerja sama dengan PT Pelni.

Baca juga: Empat kapal Pelni layani angkutan mudik Lebaran 2023 di Denpasar
Baca juga: Pelni jadwalkan rute Ambon-Tual layani mudik Lebaran 2023
Baca juga: Pelni siapkan KM Dobonsolo sebagai armada mudik gratis


Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023