Madiun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun memberangkatkan delapan unit bus yang dipakai sebagai angkutan balik Lebaran 2023 secara gratis dengan tujuan akhir Terminal Purabaya Surabaya pada hari Selasa (25/4), yang dipimpin Bupati Madiun Ahmad Dawami.

"Program angkutan balik gratis ini merupakan kegiatan rutin tiap momentum Lebaran sebagai wujud kepedulian Pemkab Madiun terhadap warganya yang merantau di Surabaya," ujar Bupati Ahmad Dawami saat melepas keberangkatan rombongan di Pendopo Ronggo Djumeno Kabupaten Madiun, Jatim, Selasa.

Menurut dia, program balik gratis tersebut diharapkan dapat memberikan rasa aman dalam perjalan balik bagi pemudik, sekaligus mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dan kemacetan yang disebabkan oleh kendaraan pribadi.

Untuk tahun ini, disediakan delapan unit bus dengan kapasitas 406 penumpang. Banyaknya peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut menunjukkan bahwa program balik gratis dari pemerintah sangat diminati oleh warga Kabupaten Madiun yang merantau di Surabaya dan sekitarnya.

Baca juga: Khofifah: Pemudik dapat manfaafkan 25 rest area di Jatim

Baca juga: Polda Jatim siapkan 127 bus gratis untuk balik mudik


Tidak hanya itu, peserta balik gratis juga diberikan fasilitas bus yang baik serta bingkisan oleh-oleh.

Diharapkan kapasitas yang disediakan Pemkab untuk program serupa pada tahun mendatang lebih besar sehingga semakin banyak memberikan kemudahan dan kenyamanan masyarakat Kabupaten Madiun di perantauan.

Para peserta balik gratis mengaku senang dan sangat terbantu dengan fasilitas dari pemerintah daerah tersebut. Selain gratis, peserta juga terhindar dari kesulitan mendapatkan transportasi umum jika balik dengan biaya sendiri.

"Setiap tahun jika ada program ini saya selalu mendaftar, baik saat mudik maupun balik. Program ini sangat membantu kami, karena jika balik sendiri, kami pasti sulit mendapatkan angkutan, kalaupun dapat bus pasti ramai dan bisa saja berdiri karena tidak dapat tempat duduk," kata seorang peserta, Andik Suswantoro.

Adapun, para peserta balik gratis tersebut sebelumnya telah melakukan pendaftaran melalui mekanisme yang disediakan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Madiun.

Pendaftaran peserta program balik gratis tersebut telah dilakukan pada pertengahan bulan Ramadhan kemarin.*

Baca juga: PLN sediakan delapan SPKLU dan 15 posko mudik di jalur Jawa Timur

Baca juga: Polres Ngawi pantau kesiapan jalur mudik dan balik Lebaran 2023

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023