mudik gratis lebaran ini sudah berjalan selama 12 tahun
Madiun (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Madiun Tontro Pahlawanto memberangkatkan delapan unit bus yang dipakai sebagai angkutan balik Lebaran 2024 secara gratis dengan tujuan Surabaya pada hari Senin.

Pj Bupati Madiun mengatakan program mudik gratis dilakukan guna memfasilitasi masyarakat yang membutuhkan angkutan mudik lebaran sekaligus mengurangi tingkat kecelakaan motor dan menciptakan situasi lalu lintas yang aman dan lancar.

"Pelaksanaan mudik gratis lebaran ini sudah berjalan selama 12 tahun. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan arus lalu lintas dan membantu masyarakat balik dari mudik dengan transportasi yang aman dan nyaman," ujar Pj Tontro saat pemberangkatan di Pendopo Ronggo Djoemeno, Caruban, Kabupaten Madiun.

Baca juga: Wali Kota Madiun lepas 14 bus program balik gratis Lebaran 2024
Baca juga: 810 pemilir "Mudik Gratis Naik Kapal Perang" tiba di Jakarta


Pada balik Lebaran 2024 ini, Pemkab Madiun menyediakan delapan unit bus dengan kapasitas 50 orang serta 1 unit minibus dan terpenuhi semuanya. Total ada 430 pemudik yang ikut dalam program tersebut.

Pemkab Madiun sebelumnya telah melakukan sosialisasi balik lebaran 2024 melalui media sosial dan spanduk di wilayah Kabupaten Madiun. Selanjutnya, para peserta mendaftarkan diri secara daring melalui aplikasi "SIMADU".

Para peserta balik gratis mengaku senang dan sangat terbantu dengan fasilitas dari pemerintah daerah tersebut. Selain gratis, peserta juga terhindar dari kesulitan mendapatkan transportasi umum jika balik dengan biaya sendiri.

Turut hadir dalam kesempatan pemberangkatan program balik tersebut, Kapolres Madiun AKBP Muhammad Ridwan, Pj. Sekda Kabupaten Madiun Sodik Hery Purnomo, serta pimpinan OPD terkait.

Baca juga: Kemenhub berangkatkan peserta arus balik gratis dengan 160 bus
Baca juga: Sekda Banyumas: Milir gratis bentuk kehadiran negara fasilitasi warga
Baca juga: Disnav Bali kerahkan dua kapal negara angkut pemilir dari Madura

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024