Moskow, Rusia (ANTARA) - Kementerian Luar Negeri Rusia pada Selasa (25/4) mengatakan bahwa mereka sudah mengusir seorang diplomat Moldova, sebagai balasan atas pengusiran diplomat Rusia di Moldova minggu lalu.

Dalam pernyataan dari kementerian itu, mereka memanggil duta besar Moldova untuk Moskow untuk mengumumkan pengusirannya, serta untuk memprotes keputusan yang mereka sebut sebagai 'langkah tidak bersahabat terhadap Rusia' dan 'berbagai pernyataan-pernyataan anti-Rusia' dari Chisinau.

Minggu lalu, Moldova mengumumkan bahwa mereka mengusir seorang diplomat Rusia. Menurut seorang juru bicara pemerintahan, pengusiran tersebut terkait perilaku staf kedutaan besar terhadap penjaga perbatasan Moldova yang melarang seorang politisi Rusia masuk melalui bandara Chisinau.

Kepolisian Moldova mengatakan bahwa gubernur Tatarstan Rustam Minnikhanov berniat ke Moldova untuk mendapatkan dukungan bagi kandidat pro-Rusia dalam sebuah pemilihan regional.

Moldova, yang bergabung dengan Uni Eropa tahun lalu bersama Ukraina, berkali-kali menuduh Rusia mencoba mengacaukan stabilitas negaranya. Moskow membantah tuduhan itu.

Sumber: Reuters
Baca juga: Moldova nyatakan persona non grata diplomat Rusia
Baca juga: Kremlin sebut hubungannya dengan Moldova semakin tegang
Baca juga: Moskow tepis klaim bahwa Rusia timbulkan ancaman keamanan bagi Moldova

 

Penerjemah: Mecca Yumna
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023