Kediri (ANTARA) - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengatakan kepadatan arus lalu lintas di simpang Mengkreng, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, yang merupakan jalur lintas provinsi masih bisa terurai dengan baik.

"Kami terus berkoordinasi dan kepadatan arus kurang lebih 3-4 kilometer tapi masih bisa diurai," katanya di Kediri, Selasa.

Ia pun meminta pengendara untuk berhati-hati saat berkendara, sebab saat ini arus lalu lintas cukup padat.

Kondisi arus lalu lintas yang rawan padat kendaraan itu, kata dia, pengemudi diharapkan tetap dalam kondisi prima.

Baca juga: Arus mudik di Simpang Mengkreng Kabupaten Kediri masih landai

Baca juga: Irwasum Mabes Polri memantau arus mudik di Simpang Mengkreng


"Kami terus mendoakan dan mengimbau teman-teman pemudik kalau mengantuk istirahat, jangan dipaksakan," kata Mas Dhito, sapaan akrabnya.

Pemkab Kediri, tambah dia, juga bersinergi dengan kepolisian dan relawan salah satunya dari Palang Merah Indonesia (PMI), untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna jalan.

Selain itu, untuk memastikan arus lalu lintas berjalan tertib, Bupati Kediri juga sudah meninjau langsung simpang Mengkreng, Kabupaten Kediri.

Simpang Mengkreng menjadi lokasi yang rawan terjadi penumpukan kendaraan di masa libur Lebaran 2023 ini. Selain karena peningkatan volume kendaraan, penumpukan sering terjadi karena terdapat jalur perlintasan kereta api.

Jalur itu juga lintas provinsi, menghubungkan Provinsi Jawa Timur dengan Jawa Barat. Pengendara selain roda empat, juga banyak yang roda dua.

Kepala Kepolisian Resor Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho mengatakan demi kelancaran perjalanan saat arus balik Lebaran 2023, pihaknya melakukan pengalihan arus.

Selain itu, masyarakat juga diharapkan dapat mencari informasi terkait kondisi jalur yang akan dilewati, sehingga terhindar dari kemacetan.

"Kami mengimbau kepada pengemudi agar mencari informasi melalui media sosial, media elektronik terkait arus lalu lintas jalur yang akan dilewati agar menghindari jalur-jalur yang padat dan menggunakan jalur-jalur alternatif," kata dia.

Untuk mengurangi penumpukan kendaraan di simpang mengkreng, petugas menyiapkan skema dengan melakukan pengalihan arus mulai dari simpang empat Papar.

Skema tersebut yakni kendaraan dari arah Kediri menuju Jombang atau Surabaya di simpang empat Papar dialihkan ke arah timur melalui Kunjang-Pare. Sedang, tujuan Madiun-Nganjuk dialihkan ke arah barat langsung ke Nganjuk.

Saat ini, arus lalu lintas juga relatif lebih lancar.

Bupati Kediri juga memberikan bingkisan kepada para petugas di pos pelayanan simpang mengkreng itu.

Bupati menyampaikan apresiasinya kepada petugas yang tetap semangat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga: Arus mudik di Mengkreng-Kediri lancar

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023