Kunjungan wisatawan rata-rata 8.000 orang per hari. Kebetulan, kami kan menggelar 'Zooforia' selama libur Lebaran ini.
Semarang (ANTARA) - Tingkat kunjungan ke Taman Margasatwa Semarang atau Semarang Zoo di Jawa Tengah pada libur Lebaran 2023  mencapai rata-rata 8.000 wisatawan setiap hari, naik signifikan dibandingkan hari-hari biasa.

"Kunjungan wisatawan rata-rata 8.000 orang per hari. Kebetulan, kami kan menggelar 'Zooforia' selama libur Lebaran ini," kata Direktur Semarang Zoo Choirul Awaludin di Semarang, Selasa.

Semarang Zoo menggelar "Zooforia" mulai 22-30 April 2023 untuk menyambut wisatawan pada libur Lebaran 2023 dengan beragam hiburan dan atraksi, termasuk interaksi satwa dengan pengunjung.

Baca juga: Semarang Zoo sambut wisatawan saat libur Lebaran dengan "Zooforia"

Tingkat kunjungan wisatawan pada hari-hari biasa, kata dia, kisaran 3.000-4.000 orang sehingga kenaikannya hampir 100 persen untuk kunjungan wisatawan pada libur Lebaran tahun ini.

Bahkan, Awaludin menyebutkan bahwa kunjungan wisatawan pada dua hari Lebaran di satu-satunya kebun binatang di Kota Atlas itu mencapai 8.700-an orang.

Selama "Zooforia", program "animal show" disiapkan di beberapa titik yang mengangkat konsep baru sehingga pengunjung bisa merasakan interaksi langsung dengan satwa di Semarang Zoo yang memiliki koleksi 240 satwa itu.

Pengunjung Semarang Zoo bisa berinteraksi dengan aves atau beraneka burung dan bermacam-macam hewan herbivora, yakni pemakan tumbuhan dan rumput.

Ada pula beraneka wahana yang bisa dinikmati pengunjung, seperti "play-play" dan wisata air.

Selain itu, kata dia, beberapa lokasi juga sudah disiapkan sebagai pusat informasi, termasuk pos kesehatan dan keamanan bekerja sama dengan kepolisian, TNI, dan Palang Merah Indonesia (PMI).

Baca juga: Medan Zoo catatkan jumlah pengunjung tertinggi pada H+3 Lebaran

Ia berharap pengunjung bisa semakin nyaman dan aman dalam berwisata di Semarang Zoo dengan keberadaan pusat-pusat informasi itu karena petugas kepolisian, TNI, dan PMI akan selalu bersiaga.

"Harga tiket masih sama, tidak naik. Hari biasa Rp20.000, Sabtu-Minggu Rp25.000, kemudian libur nasional Rp30.000. Besok Lebaran itu kan libur nasional ya, jadi Rp30.000," kata Awaludin.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023