Medan (ANTARA) - Kebun binatang Medan Zoo, Sumatera Utara mencatatkan jumlah pengunjung tertinggi pada H+3 Lebaran,Selasa (25/4) yakni sekitar 3.000 orang. 

"Benar, hari ini jumlah tertinggi sejak Lebaran," ujar Manajer Medan Zoo Pernius Harefa  di Medan, Selasa.

Pada Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah, Sabtu (22/4), hanya ada sekitar 800 pengunjung yang datang ke taman margasatwa milik Pemerintah Kota Medan itu.

Keesokan harinya, ada 2.000-an orang yang berkunjung dan bertambah pada Senin (24/4), menjadi kurang lebih 2.300 orang.

Menurut Pernius, pengunjung tidak banyak datang pada hari H Lebaran 2023 lantaran pada saat itu masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu dengan bersilaturahim bersama keluarga.

Peningkatan terjadi dua hari setelahnya, tetapi jumlah pengunjung ketika itu tertahan karena hujan melanda Kota Medan.

"Hujan membuat masyarakat terhalang berangkat ke Medan Zoo. Selain itu, orang-orang juga mudik," kata Pernius.

Pengunjung Medan Zoo pada Selasa (25/4) yang hampir mencapai 3.000 orang tersebut kebanyakan adalah keluarga.  Satu dari mereka yaitu pasangan suami istri Asmidar dan Ratna Sidabutar beserta anak-anaknya.

Warga Marindal, Deli Serdang itu mengaku memilih Medan Zoo sebagai tujuan perjalanan lantaran anak-anak mereka belum pernah mengunjungi kebun binatang tersebut.

"Ini pertama kali mereka ke sini. Suasananya enak, tiketnya terjangkau dan banyak permainan juga, seperti 'flying fox'," kata Asmidar.

Ratna lalu menambahkan, tidak ada alasan khusus kenapa mereka baru berkunjung ke Medan Zoo pada Selasa (25/4), atau hari terakhir cuti bersama Lebaran 2023 yang ditetapkan pemerintah.

"Baru sempat saja," tutur dia.



 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023