Kelima Gajah ini juga mendapatkan perawatan dan pengecekan medis secara berkala untuk memastikan kesehatan mereka
Magelang (ANTARA) - Sebanyak dua gajah dari lima gajah yang selama ini dirawat oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) dihibahkan kepada PT Taman Satwa Semarang atau Semarang Zoo.

Direktur Utama PT TWC Febrina Intan dalam siaran pers yang diterima di Magelang, Rabu, menyampaikan hibah dua gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatranus) ini untuk mendukung program keberlanjutan konservasi satwa dan edukasi publik mengenai fauna di Indonesia.

PT TWC telah melakukan serah terima kelima gajah kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah (Jateng) yang kemudian mempercayakan dua gajah kepada Semarang Zoo untuk dirawat dengan baik.

Menurut dia, pemberian hibah gajah ini merupakan bentuk dukungan PT TWC bagi upaya konservasi satwa liar yang dilindungi oleh negara, melalui mitra yang lebih kredibel dan profesional.

Program ini juga merupakan bentuk sinergi antar-ekosistem pariwisata dan ekosistem konservasi satwa untuk saling mendukung pengembangan nilai edukasi dan pengetahuan kepada masyarakat luas mengenai hewan endemik Indonesia. Selain itu sebagai sosialisasi pentingnya aktivitas konservasi sumber daya alam secara berkelanjutan.

Baca juga: PT TWC: Gerbang Gajah etalase baru destinasi pariwisata Borobudur

Proses hibah diawali dengan koordinasi bersama untuk mengawal proses pemindahan (translokasi) satwa dari kawasan Taman Wisata Candi Borobudur ke Semarang Zoo, kerja sama dengan berbagai pihak, antara lain BKSDA Jateng, BKSDA Yogyakarta, Polresta Magelang, Polisi Kehutanan Jateng, pengelola kebun binatang terkait, dokter hewan, akademisi, pawang gajah (mahout) dan sejumlah LSM terkait.

Intan menjelaskan Taman Wisata Candi Borobudur memiliki lima gajah terdiri atas dua jantan bernama Bona dan Endra serta tiga betina bernama Eca, Lisi, dan Zella. Gajah-gajah tersebut diberikan tempat tinggal yang layak, menikmati rumput segar, serta makanan pendamping berupa wortel, kacang panjang, dan mentimun.

"Secara rutin para pawang juga mengajak kelima gajah ini jalan-jalan, berkeliling menikmati keindahan alam sekitar. Kelima Gajah ini juga mendapatkan perawatan dan pengecekan medis secara berkala untuk memastikan kesehatan mereka. Bahkan wisatawan dapat berinteraksi dengan kelima gajah sambil mengabadikannya dengan kamera," katanya.

Saat ini Bona dan Zella sebagai satu pasang gajah ditempatkan di Semarang Zoo. Proses pemindahan dua gajah ke Semarang Zoo telah dilakukan pada 13 Juni 2023.

Baca juga: Semarang Zoo segera datangkan dua gajah sumatra tambah koleksi
Baca juga: Seekor gajah betina di Semarang Zoo mati karena sakit

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023