Palangka Raya (ANTARA) - Kepadatan arus balik para pemudik mulai terjadi di Pelabuhan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memasuki hari ke-4 masa Lebaran 2023,

"KM Lawit sandar di Pelabuhan Kumai, Selasa (25/4) sekitar pukul 00.30 WIB dengan membawa ratusan penumpang dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Kelas III Kumai Hary Suryanto di Kumai, Selasa.

Hary mengatakan, kapal motor milik PT Pelayaran Nasional (PT Pelni) tersebut kembali berangkat dari Pelabuhan Kumai dengan tujuan Semarang pada pukul 02.00 WIB dengan membawa 739 penumpang.

"Kapal diberangkatkan pukul 02.00 WIB dini hari, dengan membawa 739 penumpang, dan semua berjalan tertib, lancar dan aman," kata Hary.

Dia mengatakan, setelah tidak ada aktivitas arus mudik dan balik Lebaran sejak tanggal 21-24 April, KM Lawit menjadi kapal pertama yang sandar di Pelabuhan Kumai, Tengah pada arus balik Idul Fitri 1444 hijriah.

Dikatakan Hary, ia bersama tim gabungan sudah melakukan berbagai persiapan dalam menghadapi arus balik Lebaran tahun ini di Pelabuhan Panglima Utara Kumai.

"Kami sudah menyiapkan dalam menghadapi arus balik di Pelabuhan Kumai, dan semoga ke depan tidak ada kendala dan permasalahan sehingga berjalan tertib dan lancar," kata Hary.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang PT Pelni Pangkalan Bun, Roni Abdullah menambahkan, walau masih suasana Lebaran, ia bersama tim tetap melaksanakan tugas secara maksimal dalam memberikan pelayanan kepada para penumpang.

"Hari ini kami memberangkatkan 739 penumpang dari Pelabuhan Kumai dengan tujuan Semarang dengan menggunakan KM Lawit," kata Roni.

Sementara itu, pada arus mudik Lebaran 1444 Hijriah, dari data KSOP Kelas III Kumai, Pelabuhan Kumai melayani 31.394 penumpang dengan total 37 keberangkatan dengan tujuan Surabaya, Semarang dan Kendal.
 

Pewarta: Rendhik Andika/M Husein Asy'ari
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023