Hari ini, Pelabuhan Kumai melayani lima keberangkatan yang melayani 5.965 pemudik dengan tujuan Surabaya dan Semarang
Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kumai Hary Suyanto mengatakan Pelabuhan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, mencapai puncak mudik pada H-3 Lebaran 1444 Hijriah atau Rabu ini.

"Hari ini, Pelabuhan Kumai melayani lima keberangkatan yang melayani 5.965 pemudik dengan tujuan Surabaya dan Semarang. Pada H-3 ini merupakan puncak arus mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Kumai," katanya di Kumai, Kalteng, Rabu.

Dia menerangkan pada H-3 ini, lima unit kapal melayani pemudik tujuan Pulau Jawa yakni KM Binaiya dengan mengangkut 1.456 pemudik, KM Lawit 1.426 pemudik, dan KM Kirana III dengan melayani 768 pemudik dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur.

"Untuk tujuan Kumai ke Semarang, yakni KM Dharma Rucitra 9 melayani 750 pemudik dan KM Awu yang akan mengangkut 1.565 pemudik," jelas Hary.

Dia mengungkapkan, pada H-4 atau Selasa (18/4/2023), Pelabuhan Kumai melayani satu keberangkatan yakni KM Niki Barokah dengan tujuan Surabaya yang mengangkut sebanyak 357 pemudik.

"Transportasi dengan menggunakan kapal masih menjadi pilihan utama bagi pemudik di Kotawaringin Barat dan sekitarnya. Tercatat hingga H-3 ini, Pelabuhan Kumai sudah melayani 34 keberangkatan dengan tujuan Surabaya, Semarang, dan Kendal," kata Hary.

Sementara itu, dalam rangka memberikan rasa keamanan dan kenyamaman bagi pemudik, KSOP bersama pihak terkait juga mendirikan posko mudik Lebaran.

Di antara layanan yang diberikan seperti keamanan, informasi dan pengaduan serta pemeriksaan kesehatan.

Posko itu juga melibatkan unsur pemerintah daerah, unsur TNI dan Polri serta berbagai pihak terkait lain guna mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik Idul Fitri 2023.

Sebelumnya, Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kotawaringin Barat Juni Gultom meninjau langsung kesiapan Pelabuhan Kumai pada musim arus mudik dan balik Lebaran.

"Pemerintah hadir dalam situasi arus mudik dan memastikan keselamatan seluruh penumpang mudik melalui udara, laut, dan darat," terangnya.

Juni mengingatkan pemudik menjaga kesehatan dan selalu menjaga keselamatan agar bisa sampai tujuan serta berkumpul dengan sanak keluarga.

Baca juga: 4.037 pemudik berangkat lewat Pelabuhan Kumai
Baca juga: Pelni siapkan 150 tiket kapal gratis rute Kumai-Semarang
Baca juga: ASDP Indonesia Ferry kembali layani pelayaran rute Kumai-Kendal

Pewarta: Rendhik Andika/M Husein Asy'ari
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023