Cikampek, Jawa Barat (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 53 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, Jawa Barat, pada H-2 Natal atau Sabtu ini.

Berdasarkan pantauan ANTARA, arus lalu lintas kendaraan di GT Cikampek Utama berjalan lancar di kedua arah, baik yang keluar Jakarta menuju Palimanan maupun arah sebaliknya.

Hingga pukul 20.29 WIB tercatat sebanyak 53.490 kendaraan melewati GT Cikampek Utama menuju Palimanan. Sementara kendaraan yang masuk menuju Jakarta tercatat sebanyak 19.772 kendaraan.

Kebijakan contraflow telah diterapkan atas diskresi pihak kepolisian sejak pukul 06.35 WIB lantaran terjadi kepadatan arus lalu lintas pada momentum musim libur Natal dan tahun baru ini.

Awalnya, contraflow diterapkan mulai dari Km 55 sampai 65. Kemudian pada pukul 07.00 WIB, penerapan contraflow diperpanjang dari Km 47 sampai 65.

Selanjutnya, contraflow dimajukan mulai Km 36 hingga Km 65 untuk mengurai kepadatan lalu lintas.

Contraflow adalah sistem pengaturan lalu lintas yang dapat mengubah arah normal arus kendaraan di jalan tol.

Sistem rekayasa lalu lintas ini mengharuskan pengendara melalui jalur berlawanan arah, dilakukan atas diskresi pihak kepolisian.

Pada musim libur Natal dan tahun baru ini, PT Jasamarga Transjawa Tol juga mengoptimalkan pelayanan transaksi di Gerbang Tol Cikampek Utama dengan mengoperasikan total 18 gardu tol dari kondisi normal 15 gardu tol.

Selain itu, juga dilakukan penyiagaan tambahan 16 unit mobile reader untuk meningkatkan kapasitas transaksi.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju arah jalan Tol Cipali agar tetap lancar pada musim libur Natal dan tahun baru.

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023