Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Selasa (25/4), mulai dari KTT ASEAN 2023 memiliki delapan agenda pertemuan hingga Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengimbau pemilir Lebaran 2023 untuk mematuhi arahan petugas di lapangan.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo miliki delapan agenda pertemuan

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023, yang diselenggarakan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 9-11 Mei, memiliki delapan agenda pertemuan.

"Pertemuan tidak hanya satu, tapi ada beberapa karena untuk KTT ke-42 ASEAN ada dua format, yakni format pleno dan format retreat," kata Retno Marsudi di Puncak Waringin Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Selasa (25/4).

Selengkapnya baca di sini.

Presiden Jokowi cek Puncak Waringin untuk ASEAN "Summit"

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengecek kesiapan Puncak Waringin Labuan Bajo Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, sebagai salah satu tempat yang menjadi lokasi kegiatan dalam Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN/ASEAN Summit pada 9 sampai 11 Mei 2023.

"Iya (cek kesiapan), untuk Spouse Program," kata Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores Shana Fatina di Labuan Bajo, Selasa (25/4).

Selengkapnya baca di sini.

Menlu Retno sebut Indonesia ingin ASEAN tetap penting dan relevan

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut Indonesia menginginkan ASEAN tetap penting dan relevan sebagaimana tema yang diusung oleh Keketuaan ASEAN 2023, yakni ASEAN Matters: Epicentrum of Growth dalam Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, 9-11 Mei 2023.

"Jadi, kita ingin ASEAN ini tetap penting, relevan, dapat memegang kesatuannya supaya dapat memegang sentralitasnya dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan sehingga Asia Tenggara serta tetap dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dunia," kata Retno Marsudi di Puncak Waringin Labuan Bajo, Manggarai Barat, Selasa (25/4).

Selengkapnya baca di sini.

Prabowo kunjungi kediaman Wapres ke-6 RI Try Sutrisno

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengunjungi kediaman Wakil Presiden ke-6 RI Jenderal TNI (Purn.) Try Sutrisno di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (25/4).

Mengenakan kemeja batik, Prabowo menyambangi rumah Try Sutrisno dalam rangka silaturahmi Idul Fitri 1444 H. Setibanya di kediaman Try, Prabowo langsung takzim membungkukkan badan dan menyalami tangan sesepuh TNI itu.

Selengkapnya baca di sini.

Kapolri imbau pemilir patuhi arahan petugas di lapangan

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengimbau masyarakat yang kembali dari mudik (pemilir) Lebaran 2023 untuk mematuhi arahan petugas di lapangan saat pemberlakuan rekayasa lalu lintas, agar perjalanan menjadi lancar dan selamat.

“Penanganan arus balik betul-betul bisa berjalan optimal, karena kepatuhan terhadap aturan yang diberikan petugas di lapangan tentunya ini akan sangat membantu kelancaran dan keselamatan para pengguna jalan,” kata Sigit dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (25/4).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023