Paris (ANTARANews) - Novak Djokovic yakin dirinya mampu menjadi pria ketiga dalam sejarah yang menjuarai empat turnamen utama pada tahun yang sama di 2013, setelah ia nyaris mencapai predikat tersebut pada musim lalu.

Petenis peringkat satu dunia ini gagal bergabung dengan Don Budge (1938) dan Rod Laver (1962 dan 1969) untuk menjadi pria ketiga yang sukses menjuarai Australia Terbuka, Prancis Terbuka, Wimbledon, dan AS Terbuka dalam setahun setelah ia ditaklukkan Rafael Nadal di Roland Garros.

Setelah menyelesaikan musim kompetisi dengan menduduki peringkat satu dunia untuk kedua kalinya secara berturut-turut, petenis 25 tahun asal Serbia ini memasuki musim baru, yang secara resmi dimulai pada pekan depan, dengan kepercayaan diri tinggi.

"Saya memenangi turnamen besar terakhir tahun di London (ATP Final Tur Dunia) dan saya berharap saya dapat terus bermain baik," kata Djokovic.

"Maka ambisi-ambisi saya selalu tinggi. Saya ingin memenangi setiap Grand Slam yang saya mainkan."

Juara lima kali turnamen utama ini menambahkan, "Roland Garros selalu berada di posisi atas di daftar prioritas dan ambisi-ambisi saya. Itu adalah satu-satunya grand slam yang belum saya menangi. Saya bermain di final, yang merupakan satu langkah maju dari sebelumnya."

Djokovic yang menjuarai Australia Terbuka pada 2012, ia menjadi runner up dari Nadal di Prancis juga kalah dari Andy Murray di AS Terbuka melalui pertarungan lima set. Ia kalah dari Roger Federer di semifinal Wimbledon.

Di New York dan London ia merupakan juara bertahan.

Federer mengunci gelar utama ke-17nya ketika ia meraih gelar juara Wimbledon untuk ketujuh kalinya, melalui kemenangan atas Murray.

Dengan ulang tahun ke-32 dia yang jatuh pada Agustus, petenis Swiss ini telah memangkas jadwalnya untuk tahun baru, di mana ia berniat hanya bermain di 13 ajang.

Ia akan mengikuti Australia Terbuka ke-14 pada bulan depan - turnamen yang telah dijuarainya sebanyak empat kali - tanpa tam,pil di kompetisi-kompetisi pemanasan.

Petenis peringkat ketiga Murray menjadi pria Inggris Raya pertama sejak 1936 yang mampu memenangi turnamen utama ketika ia mengalahkan Djokovic untuk menjadi juara AS Terbuka, di mana ia kemudian meneruskan kesuksesannya dengan meraih medali emas Olimpiade.

"Pada tiga, empat, atau lima tahun terakhir terdapat tekanan sebenarnya dalam benak saya dan saya merasa lebih nyaman dan lebih lega setelah memenangi AS Terbuka," kata petenis 25 tahun ini.

"Maka saya berpikir dari sisi saya, saya berharap untuk menghilangkan tekanan pada diriku sendiri dan akan mampu bermain sedikit lebih nyaman dan berharap dapat mengulangi kemenangan saya di Grand Slam."

Nadal, juara turnamen utama sebanyak 11 kali, sudah lama tidak bermain sejak ia kalah secara mengejutkan di putaran kedua Wimbledon dari petenis peringkat 100 dunia Lukas Rosol pada Juni.

Ia akan kembali bermain di Doha pada pekan depan, namun itu hanyalah pemanasan sebelum ia diharapkan dapat benar-benar bugar total saat musim kompetisi lapangan keras AS dan Eropa mulai bergulir.

"Tujuan saya bukan Doha atau Australia Terbuka. Tujuan saya adalah mendapatkan kebugaran, memulihkan semua perasaan saya. Satu-satunya yang saya khawatirkan adalah lutut," kata juara Prancis Terbuka sebanyak tujuh kali ini, yang harus berjuang mengatasi serangkaian cedera lutut sepanjang karirnya.

"Tujuan saya yang sebenarnya adalah kondisi sempurna di Indian Wells dan Miami dan mencapai Monte-Carlo dengan perasaan yang bagus, untuk menghadapi musim (lapangan) tanah liat dalam kondisi yang bagus."

Pada 2012, Serena Williams menjadi petenis terbaik sepanjang tahun di Tur WTA, di mana petenis veteran Amerika itu menebus performa Grand Slam terburuknya - tersingkir di babak pertama Prancis Terbuka - untuk menjuarai Wimbledon, Olimpiade, AS Terbuka, dan gelar Kejuaraan WTA penutup musim.

"Saya tentu saja berpikir bahwa saya masih dapat banyak berkembang," kata Williams, yang sekarang telah 15 kali menjuarai Grand Slam.

Reihan itu hanya terpaut tiga gelar dari 18 gelar yang dikoleksi Martina Navratilova dan Chris Evert, di mana rekor Steffi Graf sebanyak 22 gelar Grand Slam terlihat terlampau sulit untuk dikejar.

Williams, yang akan berusia 32 tahun pada 2013, memulai musim dia di Brisbane begitu juga petenis peringkat dua dunia dan juara Prancis Terbuka Maria Sharapova, dan petenis putri peringkat satu dunia, Victoria Azarenka.

Williams telah menjalani operasi ujung kaki, sedangkan Sharapova menarik diri dari turnamen persahabatan di Seoul pada pekan lalu karena cedera leher.

Bagaimanapun juara Australia Terbuka Azarenka, telah melakukan pemanasan di Thailand sebelum berangkat ke Brisbane.

Musim 2013 telah dimulai dengan Djokovic dan Murray ambil bagian pada turnamen persahabatan tiga hari di Abu Dhabi.

Pada Sabtu, Piala Hopman akan dilangsungkan di Perth, sedangkan Doha, Chennai, dan Brisbane juga menjadi tuan rumah untuk turnamen-turnamen ATP di awal pekan depan dan kompetisi WTA akan dilangsungkan di Brizbane, Auckland, dan Shenzen.

Grand Slam pertama pada 2013, Australia Terbuka, akan dilangsungkan pada 14 Januari.

(H-RF)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012