Oleh karena peminatnya sangat tinggi, kami menambah dua bus sehingga total ada sebanyak tujuh bus dengan jumlah peserta sebanyak 350 warga bersama anak-anaknya
Purwokerto (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor Kota Banyumas Komisaris Besar Polisi Edy Suranta Sitepu melepas keberangkatan tujuh bus yang dipakai sebagai angkutan arus balik Lebaran 2023 secara gratis dengan tujuan akhir Terminal Pulogebang, Jakarta.

Tujuh bus program balik gratis Lebaran 2023 yang difasilitasi Polresta Banyumas itu diberangkatkan dari Jalan Gatot Subroto, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, depan Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi Surat Izin Mengemudi (Satpas) Satuan Lalu Lintas Polresta Banyumas, Rabu.

Baca juga: Arus balik di ruas Ajibarang-Bumiayu macet

Saat ditemui wartawan, Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu mengatakan semula pihaknya menyiapkan lima bus untuk program balik gratis dengan total kapasitas 250 orang.

Menurut dia, pendaftaran program balik gratis tersebut dilakukan secara daring dan ternyata jumlah pendaftarnya membeludak.

"Oleh karena peminatnya sangat tinggi, kami menambah dua bus sehingga total ada sebanyak tujuh bus dengan jumlah peserta sebanyak 350 warga bersama anak-anaknya," jelasnya.

Ia mengatakan program balik gratis tersebut dalam rangka memberikan rasa nyaman dan aman bagi para pemilir, sehingga mereka mendapatkan kesan seperti halnya tagline Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bahwa mudik kali ini aman, nyaman, dan berkesan.

Menurut dia, program balik gratis tersebut merupakan bentuk kehadiran negara untuk membantu masyarakat ketika membutuhkan sarana untuk kembali ke tempat asalnya.

Salah seorang peserta, Idah (50) mengaku senang dengan adanya program balik gratis yang diselenggarakan Polresta Banyumas.

Menurut dia, program tersebut sangat membantu para pemilir (pemudik yang menjalani arus balik, red.) karena dapat menghemat biaya transportasi.

"Saya hendak kembali ke Kotabumi, Lampung, bersama suami dan empat anak. Nanti transit di Jakarta," katanya.

Baca juga: Arus balik di ruas Ajibarang-Bumiayu ramai lancar

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023