Banyumas (ANTARA) - Arus balik pada H+3 Lebaran 2022 di ruas Ajibarang-Bumiayu yang merupakan jalan penghubung jalur tengah dan selatan Jawa Tengah menuju jalur pantura terpantau ramai lancar.

Dari pantauan di Jembatan Timbang Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jumat malam, arus balik dari arah Purwokerto dan Yogyakarta menuju jalur pantura didominasi sepeda motor dan mobil pribadi berpelat nomor B, F, dan A.

Baca juga: Arus balik di Tol Pemalang-Batang terpantau ramai lancar

Sejumlah anggota Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas yang dipimpin langsung Kepala Polresta Banyumas Komisaris Besar Polisi Edy Suranta Sitepu serta dibantu personel Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas tampak mengatur arus lalu lintas di ruas jalan Ajibarang-Bumiayu tersebut agar tidak terjadi kemacetan yang signifikan.

Terkait dengan situasi arus balik di ruas Ajibarang-Bumiayu, Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu mengatakan secara umum arus kendaraan yang melintas sama seperti kondisi pada Kamis (5/5) malam atau H+2 Lebaran.

Baca juga: Polres Batang berlakukan sistem buka tutup di "rest area"

"Arus kendaraannya ramai lancar meskipun kadang sempat tersendat, namun tidak sampai lama," katanya didampingi Kepala Satuan Lalu Lintas Komisaris Polisi Arie Prayitno.

Menurut dia, hal itu disebabkan adanya kendaraan yang keluar masuk rumah makan maupun SPBU serta persimpangan jalan.

Selain itu, kata dia, sejumlah pengemudi juga diketahui mengurangi kecepatan kendaraannya ketika melewati tanjakan sehingga berdampak terhadap kendaraan-kendaraan di belakangnya.

Baca juga: H+3 Lebaran 2022, jalur pantura Semarang ramai lancar

"Kami akan terus menarik arus kendaraan hingga perbatasan (batas Kabupaten Banyumas dan Brebes, red.) agar tetap lancar," kata Kompol Arie menambahkan.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022