Bandung (ANTARA) -
Tim Respons Cepat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat atau Jabar Quick Response (JQR) melakukan pemantauan dan edukasi tentang keselamatan kepada warga di lokasi objek wisata pantai di wilayah Jawa Barat pada libur Lebaran Tahun 2023.
 
Sejumlah objek wisata pantai seperti Pantai Pangandaran, Batukaras, Madasari, Garut Selatan seperti Pantai Santolo, Pantai Sayang Heulang, Pantai Rancabuaya, dan Pantai Plentong Indramayu.
 
Koordinator Operasional JQR, Muhammad Irvan Hilmy, Rabu, di Bandung, mengatakan pemantauan keselamatan wisata yang dilakukan JQR berkolaborasi dengan Balawista Pangandaran, Polairud, potensi dan unsur SAR lainnya.
 
"Tujuannya adalah keselamatan para wisatawan yang tengah berlibur bersama sanak saudaranya. Pemantauan ini juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman untuk warga Jawa Barat yang sedang berlibur, agar kejadian yang tak diinginkan tidak terjadi dan meminimalisir kecelakaan khususnya di tempat objek wisata air," kata Irfan.
 
Ia mengatakan JQR juga memberikan bantuan logistik kepada para penjaga pantai yang bertugas dan melakukan pemantau di beberapa objek wisata lainnya seperti di Situ Bagendit Garut.

Baca juga: Dishub: Sejumlah jalur objek wisata Jabar mulai dipadati kendaraan

Baca juga: H+4 Lebaran 2022, arus kendaraan di jalur wisata Garut-Jabar lancar


Kemudian pemantauan di beberapa objek wisata gunung seperti Gunung Guntur, Gunung Sagara, dan Gunung Cikuray, di mana warga memanfaatkan hari libur lebaran untuk mendaki gunung.
 
Irvan menambahkan pemantauan nantinya juga akan dilakukan lebih terstruktur dan melibatkan lagi potensi di daerah-daerah seluruh objek wisata di Jawa Barat.
 
Sementara itu, salah satu Petugas Penyelamat Penjaga Pantai Pangandaran, yang tergabung dalam Balawista, Liano menjelaskan selama H-1 lebaran sampai H+3 lebaran di tempat objek wisata Pantai Pangandaran sejauh ini berhasil menekan angka kecelakaan yang fatal.
 
Liano mengatakan para petugas pantai dari Balawista tak henti-hentinya bekerja mulai dari pagi sampai malam hari yang selalu mengingatkan para pengunjung wisata untuk mentaati rambu-rambu yang sudah dipasang oleh pihaknya.
 
"Sampai sejauh ini tidak ada kecelakaan yang fatal, pada intinya juga kami petugas pantai dengan pelaku usaha berkolaborasi untuk saling mengingatkan para wisatawan untuk berhati-hati," kata Liano.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023