masih didominasi oleh warga setempat yang lalu lalang di sekitar Kalimalang
Jakarta (ANTARA) -
Pergerakan arus pemilir  menggunakan sepeda motor di sekitar Kalimalang, Bekasi terpantau masih landai pada H+3 Lebaran 2023.

Pos Pelayanan Arus Mudik Lebaran 2023 yang ada di Mega Bekasi, Jawa Barat, mencatat pengguna sepeda motor masih didominasi warga setempat.
 
"Pergerakan cenderung landai sampai hari ini, " kata Kepala Pos Pelayanan Arus Mudik Mega Bekasi Ipda Joko Nurdianto saat ditemui pada Rabu.
 
Joko menjelaskan sejak dua hari lalu atau tanggal 24 - 25 April belum ada kenaikan yang signifikan jumlah pemilir kendaraan roda dua yang melintas jalur Kalimalang.
 
"Saat ini masih didominasi oleh warga setempat yang lalu lalang di sekitar Kalimalang, hanya segelintir pemudik sepeda motor yang lewat mungkin jumlahnya tiga sampai lima saja tiap jam, " ucapnya.
 
Joko juga menyebut prediksi pemilir dengan sepeda motor akan meningkat pada Sabtu (29/4).
 
"Karena tanggal 1 atau 2 Mei kemungkinan yang bekerja di swasta  sudah mulai masuk, " tambahnya.
 
Joko juga menjelaskan sejauh  ini belum ada peristiwa kecelakaan melibatkan sepeda motor yang berakibat fatal.
 
"Alhamdulillah sampai saat ini masih terkendali dengan aman, belum ada kejadian (kecelakaan) yang luar biasa, " ucapnya.
 
Pemerintah memprediksi puncak arus milir (balik ke hilir) Lebaran 2023 berlangsung pada 24-25 April serta 29-30 April dan 1 Mei 2023.
 
"Dari analisis yang kami dapatkan, puncaknya dimulai pada Senin tanggal 24 April, Selasa tanggal 25 April, lalu Sabtu 29 April, Minggu tanggal 30 April dan Senin tanggal 1 Mei," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi usai Rapat Koordinasi Persiapan Arus Balik Idul Fitri 2023 di Jakarta, Minggu (24/4).
 
Untuk itu, pihaknya merekomendasikan agar pemilir tidak serentak melakukan perjalanan saat puncak arus balik guna menghindari potensi penumpukan kendaraan.
Baca juga: Polisi imbau pemilir bersepeda motor tetap fokus saat masuk Jakarta
Baca juga: Polsek Mampang Prapatan buka layanan titip sepeda motor pemudik
Baca juga: Pengguna sepeda motor banyak lakukan pelanggaran lalu lintas di Jakbar

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023