Sentani (ANTARA) - Balai Karantina Pertanian Kelas I Jayapura, Papua wilayah kerja  Bandara Sentani mengatakan  kebutuhan daging di Wamena, Kabupaten Jayawijaya Provinsi Papua Pegunungan sangat tinggi saat Lebaran 2023.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Jayapura Muhlis Natsir kepada ANTARA di Sentani, Rabu, mengatakan permintaan daging di Wamena sangat tinggi dilihat dari jumlah pengiriman melalui kargo Bandara Sentani.

“Dalam sehari ada 13 ton daging ayam yang dikirim ke Wamena, belum termasuk jenis daging yang lain, ini baru daging ayam saja,” katanya.

Menurut Muhlis untuk daging bebek ada sebanyak 300 kilo gram yang dikirim ke Wamena, tingkat permintaan daging cukup tinggi disana.

“Selain daging ayam yang dikirim ke Wamena, permintaan terhadap daging bebek juga mulai meningkat saat Lebaran 2023,” ujarnya.

Dia menjelaskan beberapa waktu ini pihaknya memantau pengiriman daging ke Wamena melalui kargo Bandara Sentani yang dominan dikirim yakni daging ayam, bebek dan babi.

“Untuk melakukan pengiriman daging pengguna jasa dapat mengisi formulir permohonan pemeriksaan karantina (PPK) / KH-01 disertai dengan kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan,” katanya lagi.

Dia menambahkan bagi pengguna jasa yang sudah memiliki registrasi PPK online dapat mengajukan permohonan pemeriksaan karantina melalui media elektronik tanpa harus datang ke Unit pelayanan Karantina Pertanian.

“Sementara itu bagi pengguna jasa yang menggunakan PPK online cukup datang pada saat menyerahkan dokumen asli setelah ketentuan persyaratan secara elektronik terpenuhi,” ujarnya lagi.

Baca juga: Pemerintah perlu perkuat upaya swasembada daging sapi

Baca juga: Kementan catat stok hewan kurban lokal mampu penuhi permintaan


Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023