Alhamdulillah jalur transportasi laut lancar, semua terangkut, baik dari Sabang maupun dari Banda Aceh.
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Sabang mencatat hampir 29 ribu orang warga dari berbagai daerah berwisata ke Pulau Weh, Sabang, Aceh selama musim libur dan cuti bersama Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Sabang Husaini, di Kota Sabang, Rabu, mengatakan setidaknya tercatat 28.967 penumpang yang menggunakan jasa penyeberangan kapal ferry roro dan kapal cepat, dari Banda Aceh ke Sabang maupun sebaliknya.

"Alhamdulillah jalur transportasi laut lancar, semua terangkut, baik dari Sabang maupun dari Banda Aceh. Lonjakan penumpang sudah terlihat H+2 Lebaran," kata Husaini di Kota Sabang.

Ia menjelaskan puluhan ribu wisatawan itu terhitung mulai 15 April atau H-7 Lebaran hingga 25 April atau H+4 Lebaran. Sementara puncak kunjungan wisatawan ke Sabang yang mencapai sekitar 1.000 orang per hari mulai terjadi pada H+2 Lebaran.

"Dalam kurun waktu tersebut, sekitar 13.901 orang yang datang ke Sabang, dan sebanyak 15.066 orang ke Banda Aceh. Total hampir 29 ribu, yang keluar masuk Sabang," ujarnya pula.

Untuk kendaraan roda dua yang berangkat dari Sabang menuju Banda Aceh sebanyak 3.207 unit, sedangkan sebaliknya mencapai 3.491 unit. Sementara untuk kendaraan roda empat, yang berangkat dari Sabang sebanyak 826 unit dan yang tiba di Sabang sebanyak 916 unit.

Selain itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Sabang Faisal Azwar mengatakan lonjakan wisatawan di pulau paling barat Indonesia itu mulai terlihat pada H+2 Lebaran.

"Lonjakan wisatawan sudah mulai terlihat dari Lebaran hari kedua. Jumlah kunjungan wisatawan hari kedua, ketiga, dan keempat lebaran mencapai 6.353 orang, semua aspek masih terkendali dengan baik,” kata Faisal.

Sementara tingkat okupansi hotel sudah mencapai 80 persen. “Ini kami perkirakan sampai hari Minggu masih terus bertambah," ujar Faisal.

Menurut dia, umumnya wisatawan ke Sabang berasal dari wilayah Sumatera Utara, namun juga ada yang berasal dari Pulau Jawa.
Baca juga: Dua desa wisata Sabang masuk ADW Indonesia 2023 Kemenparekraf
Baca juga: Budaya dan adat jadi unggulan Desa Aneuk Laot dalam ajang ADWI 2023

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023