Saya mengajak Pak Jokowi mari babarengan kita tangani banjir, kita sharing dana APBD memperbaiki wilayah hulu banjir di berbagai pegunungan di Jawa Barat,"
Bandung (ANTARA News) - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Dede Yusuf Macan Effendi mengajak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Jokowi) untuk berbagi anggaran melakukan konservasi wilayah hulu banjir di Jawa Barat.

"Saya mengajak Pak Jokowi mari babarengan kita tangani banjir, kita sharing dana APBD memperbaiki wilayah hulu banjir di berbagai pegunungan di Jawa Barat," kata Dede Yusuf saat acara Ngamumule Lemah Cai di Ponpes Miftahul Huda, Gombong, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu.

Ajakan tersebut disampaikan Dede Yusuf terkait dengan musibah banjir yang selalu melanda ibu kota.

Menurutnya, DKI Jakarta perlu ikut membantu Pemprov Jawa Barat melakukan penanganan banjir.

Dede mengatakan, penanganan banjir harus dilakukan dari hulu dengan cara penanaman kebun-kebun sayur dengan pohon-pohon keras menggunakan sistem tumpang sari.

Selain itu, kata dia, juga pembangunan situ di beberapa aliran sungai yang mengarah ke ibu kota.

"Jawa Barat ingin menjadi provinsi terdepan dalam melakukan konservasi alam, karena Jawa Barat ini provinsi dengan bencana longsor terbanyak, sehingga berdampak tidak hanya bagi Jawa Barat saja melainkan juga Jakarta," kata Dede.

Pada kesempatan itu juga, Dede memberikan bantuan kepada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Geliat yang berjasa melakukan pelestarian lingkungan di Tasikmalaya.

Bahkan Wagub Jabar pun, bertekad akan memperbanyak balai bibit tanaman keras di Jawa Barat untuk menunjang program konservasi lingkungan tersebut.

"Saya akan minta kesediaan Kang Acep Jabrik (Ketua LSM Geliat) untuk jadi pemantau balai pembibitan tersebut," ujar Dede.

Lalu wagub bersama masyarakat pimpinan ponpes Miftahul Huda melakukan aksi bersama menanam pohon terembesi, asem dan jati sebagai wujud komitmen pelestarian lingkungan.
(KR-ASJ/Y003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012