COMBAT (Compact Mobile Base Transceiver) disiapkan untuk semakin meningkatkan kualitas layanan Telkomsel, terutama pada layanan data agar pelanggan bisa semakin mudah beraktivitas di Pesta Danau Toba,"
Medan (ANTARA News) - Telkomsel menempatkan satu unit Mobile Base Transceiver Station atau COMBAT di Parapat untuk menyukseskan Pesta Danau Toba yang dilangsungkan 28--31 Desember 2012.

"COMBAT (Compact Mobile Base Transceiver) disiapkan untuk semakin meningkatkan kualitas layanan Telkomsel, terutama pada layanan data agar pelanggan bisa semakin mudah beraktivitas di Pesta Danau Toba," kata Head Of ICT Network Management Sumbagut Division Telkomsel M Hamzah Berdikari di Medan, Sabtu.

Mobile BTS yang berupa node B atau BTS 3G diharapkan dapat memenuhi kebutuhan komunikasi yang lebih lancar di tengah lonjakan trafik yang mungkin terjadi di saat Pesta Danau Toba yang kebetulan berdekatan dengan akhir tahun.

"Dipastikan kehadiran COMBAT , akan memudahkan komunikasi pelanggan, karena sebelumnya pada Agustus 2012 wilayah Parapat dan Tomok sudah dapat menikmati layanan 3G Telkomsel dengan hadirnya layanan 3G/HSDPA di dua daerah itu yang merupakan daerah tujuan wisata Sumut," katanya.

Selain meningkatkan kualitas layanan selular, Telkomsel juga menempatkan "booth" layanan pelanggan di sekitar lokasi acara Pesta Danau Toba itu.

"Manajemen juga menyediakan hadiah berupa satu unit sepeda motor sebagai salah satu hadiah pada acara jalan santai yang merupakan bagian dari Pesta Danau Toba 2012," katanya.

Dia menegaskan, semua langkah itu salah satu wujud nyata tanggung jawab dan kepedulian sosial Telkomsel bagi pelanggan dan pemerintah kota/kabupaten.

Hamzah menegaskan, secara keseluruhan Telkomsel sudah mempersiapkan diri untuk mengatasi lonjakan pengunaan komunikasi di Sumut dan daerah lain yang masuk dalam wilayah Sumbagut.

Untuk layanan voice misalnya sudah diantisipasi hingga kenaikan sebesar 62 persen dari hari normal, SMS atau pesan singkat 182 persen dan untuk layanan data Telkomsel hingga 300 persen.

Kenyamanan pelanggan dalam menikmati akses layanan data itu didukung jaringan berkualitas terbaik milik Telkomsel, dimana untuk wilayah Regional Sumbagut terdapat lebih dari 5.500 BTS yang merupakan bagian dari 54.000 BTS secara nasional.

Pelaksana Tugas Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho berharap Pesta Danau Toba bisa menghidupkan kembali Danau Toba sebagai ikon pariwisata provinsi itu setelah sempat terpuruk akibat krisis global.

Dia menilai, Pesta Daau Toba memiliki potensi untuk menjadi salah satu kegiatan pariwisata berskala nasional jika dikemas dan dipromosikan secara baik dan berkesinambungan.

"Diharapkan semua pemangku kepentingan mendukung kelancaran Pesta Danau Toba itu," katanya.

(E016/R014)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012