Medan (ANTARA) - Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba yang digelar di empat kabupaten yakni Samosir, Karo, Dairi, dan Toba pada 22-26 November dimeriahkan pesta rakyat dengan berbagai atraksi dan pertunjukan budaya serta festival kuliner.

"Acara pembukaan juga akan dimeriahkan dengan lomba perahu naga antarkabupaten juga perlombaan antarselebritas," kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono dalam keterangannya yang diterima di Medan, Sabtu.

Berkolaborasi dengan pemerintah pusat dan daerah, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung yang merupakan penyelenggara kejuaraan mengharapkan Aquabike Jetski World Championship tak hanya menjadi pesta olahraga akan tetapi juga menjadi pesta bagi masyarakat sekitar dan juga para pengunjung.

"Pesta rakyat akan menjadi daya tarik tersendiri selain perlombaan yang menghadirkan atlet-atlet dunia dan juga local heroes atlet Indonesia," katanya.

Selain itu, masing-masing pemerintah kabupaten juga menyelenggarakan side event yang tak kalah menarik dengan menampilkan pameran UMKM, pesta kuliner, berbagai atraksi, dan juga pertunjukan budaya.

"Empat bupati dari Samosir, Karo, Dairi, dan Toba memberikan komitmennya untuk menyukseskan Aquabike Jetski World Championship. Samosir akan menjadi tempat untuk pembukaan acara dengan menghadirkan lomba perahu naga, selain menjadi lokasi perlombaan," katanya.

Bupati Samosir Vandiko T Gultom menyatakan pemerintah daerah dan juga masyarakat setempat telah melakukan berbagai persiapan agar acara pembukaan dan juga perlombaan bertaraf internasional tersebut bisa berjalan dengan baik.

"Kami berharap Kabupaten Samosir sebagai salah satu tuan rumah acara bisa memberikan yang terbaik untuk kesuksesan Aquabike Jetski World Championship," katanya.

Baca juga: Bupati Samosir: Kejuaraan Aquabike Jetski dongkrak perekonomian warga
Baca juga: Pesepak bola Radja Nainggolan antusias sambut Aquabike Jetski di Toba
Baca juga: Logistik kejuaraan dunia Aquabike Jetski mulai berdatangan di Belawan

Pewarta: Juraidi
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023