Toba (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Otorita Pelabuhan Penyeberangan (KSOPP) Danau Toba, Sumatera Utara, membagikan perlengkapan keselamatan pelayaran kepada pengusaha perkapalan dan awak kapal.

Perlengkapan keselamatan pelayaran yang dibagikan tersebut sebanyak 200 pelampung kepada kru kapal dan 200 pelampung lingkaran kepada pengusaha perkapalan.

Kepala KSOPP Danau Toba Rijaya Simarmata, di Toba, Jumat, mengatakan pembagian baju pelampung tersebut untuk menjaga keselamatan para kru kapal ketika berlayar di perairan Danau Toba.

Baca juga: Trail of The Kings Zero Edition promosikan keindahan lokal Danau Toba

Sedangkan pelampung lingkaran untuk membantu penumpang jika terjatuh ke permukaan air, sehingga tetap terapung.

Ia mengatakan keselamatan pelayaran merupakan kebutuhan penting semua pihak, mulai dari operator kapal, nelayan hingga para pengguna jasa.

Ia memprediksi jumlah kunjungan wisatawan yang menyeberang melalui jasa perkapalan ke Pulau Samosir akan meningkat menjelang libur Lebaran 2024.

Baca juga: Asita apresiasi perhatian pemerintah untukDanau Toba

"Oleh karena itu, alat-alat keselamatan selayaknya dilengkapi untuk menjaga keselamatan para penumpang dan awak kapal," ujarnya.

Dia berharap pelayaran di kawasan Danau Toba pada musim Lebaran 2024 aman dan kondusif serta alat-alat keselamatan dapat dimanfaatkan untuk keselamatan berlayar di perairan Danau Toba.

Sementara itu, Ketua Organisasi Perkapalan dan Sejenis (OPS) Marihat Parmai Ramjam Siallagan didampingi Nakhoda Kapal Motor Penumpang Natio 3 Mengasih Sitio menyampaikan terima kasih atas perhatian KSOPP Danau Toba karena telah memberikan alat-alat keselamatan berlayar secara gratis kepada ABK.

Baca juga: TOTK Danau Toba digelar untuk menikmati alam, budaya, dan sejarah

"Kami akan memanfaatkan bantuan dari KSOPP ini untuk keselamatan berlayar di perairan Danau Toba," katanya.

Pewarta: Juraidi dan Waristo
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024