Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan siap menyelenggarakan Aquabike World Championship 2024 di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, pada November.
 
Ia menjelaskan, ajang kelas dunia itu akan dilaksanakan dalam tiga seri di tiga tempat berbeda, yaitu di Kabupaten Dairi, Karo, dan Samosir (Pangururan).
 
"Sebelumnya, kejuaraan internasional Aquabike World Championship 2023 sukses digelar di Danau Toba pada 22-26 November 2023 dan diikuti oleh 118 riders dari 22 negara, serta diselenggarakan di empat kabupaten yaitu Toba, Karo, Dairi dan Samosir," kata Bamsoet usai menerima kunjungan pembalap aquabike Indonesia, dikutip dari laman resmi IMI yang dipantau ANTARA di Jakarta, Kamis.
 
Lebih lanjut dia menjelaskan, kesuksesan penyelenggaraan kejuaraan aquabike tahun sebelumnya akan menjadi modal utama penyelenggaraan nanti.
 
Pria yang juga Ketua MPR RI itu menambahkan, untuk menyemarakkan Aquabike World Championship 2024, IMI dan Ocean Drive Sports juga akan menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Aquabike Indonesian Championship 2024 yang berlangsung beberapa seri.
 
Seri pertama telah dilaksanakan pada 2-3 Maret di Balige, Kabupaten Toba.
 
"Kejurnas Aquabike Indonesian Championship 2024 seri kedua akan dilaksanakan pada Juni di Samosir. Seri ketiga digelar Agustus di Sulawesi Utara, dan seri keempat berlangsung di Makassar pada September," ujar dia.
 
Baca juga: Kemenpora segera bentuk akademi aquabike dan powerboat di Balige

Peringkat pertama hingga ketiga Kejurnas Aquabike Indonesian Championship 2024, tambah dia, akan otomatis lolos untuk berlaga dalam Aquabike World Championship 2024.
 
Ia menekankan, ajang internasional itu juga untuk membantu mempromosikan Danau Toba secara berkelanjutan sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Indonesia kepada dunia.
 
Selain untuk meningkatkan sport tourism melalui watersport, kegiatan itu juga diharapkan memberikan multiplier effect bagi perekonomian masyarakat di sekitar danau vulkanik terbesar di dunia itu.
 
November nanti merupakan kali kedua kejuaraan yang telah diselenggarakan di 40 negara itu dilaksanakan di Danau Toba dan dijadwalkan digelar setiap tahunnya hingga 2027.

Baca juga: Fikri Rajab menangi Endurance Heat sesi 1 dalam AIC
Baca juga: F1Powerboat Danau Toba dirangkai dengan Kejuaraan Nasional Aquabike

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024