Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) mengapresiasi para penegak hukum dan pemerintahan daerah karena telah memastikan gelaran Pertamina F1 Powerboat 2024 Danau Toba, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, berjalan dengan lancar.

"Penyelenggaraan even internasional ini melalui penyelenggaraan even Pertamina F1 Powerboat Grand Prix Lake Toba tergolong sukses dan nampak juga kerja sama yang baik antar pemangku kepentingan dalam menjamin keberlangsungan penyelenggaraan cukup sinergis,” kata Staf Ahli Menko Polhukam Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman, Laksda TNI Abdul Rivai Ras dalam keterangan persnya, Senin.

Baca juga: Kesuksesan F1 Powerboat jadi promosi wisata Sumut berkelanjutan

Gelaran internasional itu berlangsung selama tiga hari sejak Jumat (1/3) di Lapangan Sisingamangaraja, Balige, Sumatera Utara.

Selama itu pula, Abdul Rivai menilai kegiatan internasional tersebut berhasil menyedot perhatian masyarakat lokal. Tidak hanya itu, gelaran ini juga mengundang animo turis lokal dan mancanegara yang ada di kawasan Danau Toba.

Walau kegiatan ini dipenuhi oleh masyarakat yang menonton, Rivai memastikan keamanan masyarakat di lokasi tetap terjaga berkat kerja sama para aparat.

Baca juga: Disbudparekraf Sumut: F1 Powerboat edukasi masyarakat soal pariwisata

Dia berharap keberhasilan gelaran F1 Powerboat Grand Prix Lake Toba ini bisa membuktikan bahwa Indonesia layak menjadi tempat pertandingan berskala Internasional.

Sebelumnya, Director Logistic F1h2O (Powerboat), Alec Cavallero, mengapresiasi upaya pengamanan yang diberikan Polri dalam hal ini Polda Sumatera Utara atas kegiatan F1 Powerboat yang digelar di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara.

"Situasi sangat aman dan nyaman. Tentunya kami dapat menggelar pertandingan ketiga kalinya Powerboat dan Aquabike di Balige untuk mempromosikan daerah wisata Danau Toba," kata dia Alec dalam keterangan pers yang diterima ANTARA.

Alec mengatakan berkat gelaran F1 yang berjalan dengan baik, pihaknya mempunyai kesempatan untuk mengenal kebudayaan dan masyarakat di Toba.

Baca juga: Kompolnas: Pengamanan F1 Powerboat jadi modal penting untuk Balige

​​​​​​Dengan demikian, pihaknya dapat menjadikan gelaran F1 Powerboat dan Aquabike tahun ini sebagai pelajaran untuk gelaran tahun berikutnya.

"Oleh karena itu juga tujuan kami bukanlah hanya datang ke Toba buka satu kali pertandingan, tetapi datang kembali untuk meningkatkan kemampuan menjadi lebih baik," terang Alec.

Sebelumnya, Polda Sumut telah mengerahkan 1.170 personel untuk mengamankan kegiatan internasional F1 Powerboat Danau Toba di Kota Balige, Kabupaten mulai 1-3 Maret 2024.

Selama berlangsungnya F1 Powetboat, pengamanan dilaksanakan dengan standar internasional dibagi beberapa wilayah. Titik wilayah itu bertempat di lokasi acara dengan standar yang diatur oleh penyelenggara.

Baca juga: Pembukaan F1 Powerboat Danau Toba meriah dengan ratusan penari adat

Pewarta: Walda Marison
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024