Jakarta (ANTARA) - Liverpool naik ke posisi keenam klasemen sementara Liga Inggris musim 2022/2023 setelah menaklukkan perlawanan tuan rumah West Ham United di London Stadium dengan skor 2-1, Kamis dini hari WIB.

Dua gol kemenangan Liverpool dicetak oleh Cody Gakpo dan Joel Matip, sedangkan satu-satunya gol West Ham dicetak oleh Lucas Paqueta, demikian catatan Liga Inggris.

Kemenangan ini menjadi kemenangan ketiga beruntun The Reds sekaligus membawa mereka naik dari posisi ketujuh ke posisi keenam klasemen dengan 53 poin, menggeser Tottenham Hotspur yang mengoleksi poin yang sama tetapi kalah selisih gol.

Sedangkan bagi The Hammers, kekalahan tersebut membuatnya turun tingkat dari posisi 13 ke posisi 14 klasemen sementara dengan 34 poin.

Pada pertandingan tersebut, Liverpool tercatat menguasai penuh jalannya pertandingan dengan 72 persen penguasaan bola dan melepaskan 11 tendangan yang empat diantaranya tepat sasaran.

Baca juga: Manchester City pangkas jarak dengan Arsenal usai menang 4-1

Pada babak pertama, skuad asuhan Jurgen Klopp langsung mengambil inisiatif serangan, tetapi mereka malah kebobolan terlebih dahulu dari gol Paqueta di menit ke-12, hasil kombinasi satu dua dengan Michail Antonio. Gol pemain tim nasional Brazil itu membuat seisi London Stadium bergemuruh. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Enam menit kemudian, Liverpool mampu menyamakan kedudukan setelah tendangan keras Gakpo dari luar kotak penalti menaklukkan Lukasz Fabianski. Skor berubah menjadi 1-1.

Tim Merseyside Merah memperoleh banyak peluang setelah menyamakan kedudukan. Di menit ke-27, Diogo Jota mendapat peluang emas untuk membuat Liverpool unggul, tetapi tendangannya masih berada di atas mistar Fabianski. Pemain timnas Portugal itu kembali mendapat peluang emas di menit ke-39. Namun, lagi-lagi usahanya masih gagal menemui target.

Dua menit kemudian, The Hammers berganti mengancam lewat serangan balik cepat. Mereka hampir mencetak gol melalui Antonio. Namun, clearance brilian dari Virgil van Djik membuat striker andalan David Moyes itu gagal membuat timnya kembali unggul.

Tidak ada peluang berarti di sisa babak pertama. Skor sama kuat 1-1 bertahan hingga turun minum.

Baca juga: MU vs Hotspur, Erik Ten Hag waspadai Harry Kane

Pada babak kedua, tim tuan rumah sebenarnya mampu unggul melalui tendangan Bowen. Namun, gol pemain asal Inggris itu harus dianulir VAR karena terjebak offside terlebih dahulu.

Di menit ke-66, skuad asuhan Jurgen Klopp hampir mencetak gol. Tendangan Matip yang memanfaatkan bola muntah hasil tendangan pojok hampir menjebol gawang West Ham, tapi masih bisa diselamatkan oleh Fabianski.

Gol yang ditunggu Liverpool akhirnya datang satu menit setelahnya dari proses yang sama yaitu melalui tendangan pojok. Kali ini Matip yang tanpa kawalan berhasil menyundul bola dan menaklukkan Fabianski, sehingga membuat skor berubah menjadi 1-2 untuk keunggulan Liverpool.

Di sisa babak kedua, kedua tim saling melakukan jual beli serangan. Namun, tidak ada gol yang tercipta. Skor 1-2 untuk keunggulan tim tamu menjadi hasil akhir pertandingan.

Di laga selanjutnya, Liverpool akan bermain di Anfield melawan Tottenham Hotspur pada Minggu (30/4) pukul 22.30 WIB. Sementara West Ham akan melakukan laga tandang di Selhurst Park markas Crystal Palace pada Sabtu (29/4) pukul 18.30 WIB.

 

Berikut hasil lengkap Liga Inggris pada Rabu (26/4) dan Kamis (27/4) dini hari WIB:

Wolves 2-0 Crystal Palace

Aston Villa 1-0 Fulham

Leeds United 1-1 Leicester City

Nottingham Forest 3-1 Brighton & Hove Albion

Chelsea 0-2 Brentford

West Ham United 1-2 Liverpool

Manchester City 4-1 Arsenal

 

Jadwal Liga Inggris pada Jumat (28/4):

Everton vs Newcastle United, 01.45 WIB

Southampton vs AFC Bournemouth, 01.45 WIB

Tottenham Hotspur vs Manchester United, 02.15 WIB

Baca juga: Robertson akui West Ham lawan yang sulit
Baca juga: Klopp terkesan dengan bek sayap yang dipinjamkan ke Bolton


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023