Surabaya (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Gresik menyiapkan empat armada bus dalam program "Balik Mudik Gratis" dengan tujuan Semarang hingga Jakarta untuk mewujudkan pelayanan yang maksimal.

Wakapolres Gresik Komisaris Polisi (Kompol) Erika Purwana Putra dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Kamis, mengatakan fasilitas tersebut diberikan bagi warga Gresik untuk kembali ke tempat kerjanya.

"Kami fasilitasi bagi warga Gresik yang akan kembali ke tempat kerjanya di Semarang hingga Jakarta, sudah kami siapkan empat bus gratis," katanya.

Menurut dia, program tersebut juga dilaksanakan oleh seluruh Polres yang ada di jajaran Polda Jatim, termasuk Polres Gresik.

Baca juga: Pemkab Madiun berangkatkan delapan bus program balik gratis

"Program Balik Mudik Gratis Polda Jatim ini salah satu rangkaian Operasi Ketupat Semeru 2023 di hari raya Idul Fitri 1444 H/2023 Masehi," ucapnya.

Bagi warga Gresik, lanjutnya, bisa segera mendaftarkan diri untuk mengikuti program balik mudik gratis ini dengan cara datang ke pos pengamanan dan pos pelayanan yang ada di wilayah Polres Gresik.

"Adapun syaratnya cukup dengan membawa KTP atau Kartu Keluarga untuk didata sesuai tujuan mudik," tuturnya.

Selain itu, warga juga bisa mendaftar melalui daring dengan menghubungi nomor telepon 081331 937 871 sebelum pemberangkatan dilaksanakan pada Jumat, 28 April 2023.

"Kami akan berangkatkan pada Jumat, 28 April 2023 tepat pukul 08.00 WIB dari Mapolres Gresik," ujarnya.

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur menyiapkan sebanyak 127 bus gratis untuk masyarakat Jawa Timur yang mudik dan akan melakukan balik Lebaran 2023.

"Bagi masyarakat yang ingin mendaftar bisa dilakukan hari ini di pos-pos pelayanan Operasi Ketupat Semeru 2023 yang didirikan Polres dan Polsek setempat," kata Direktur Lalu lintas Polda Jatim Kombes Pol. Muhammad Taslim Chairuddin.

Baca juga: Polda Jatim siapkan 127 bus gratis untuk balik mudik

Baca juga: Polda Jatim catat sebanyak 835 kecelakaan selama arus mudik-baik 2022


Ia mengatakan pihaknya menargetkan pada Selasa (25/4) sudah mulai ada keberangkatan bus untuk balik.

"Nanti saat mendaftar tinggal memberi informasi namanya siapa, nomor HP-nya berapa, kapan mau balik dan tujuan ke mana," kata Taslim.

Taslim mengatakan untuk sementara target arus balik yang mengarah ke Jakarta, namun rute balik gratis ini bisa jadi bertambah, tergantung dengan tingginya animo masyarakat.

"Misalnya, banyak tujuan mudik balik ke daerah Jawa Barat, maka Polda Jatim bakal mengakomodasi kebutuhan tersebut," ujarnya.

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023