Jakarta (ANTARA News) - Gol cepat Peanaar tidak cukup membuat Everton untuk mengalahkan Chelsea karena Frank Lampard membalas dengan dua gol, dalam pertemuan kedua tim di Goodison Park, Minggu malam.

Ditengah perlawanan sengit tuan rumah Everton, Chelsea lebih dulu tertinggal ketika Steven Peanaar mencetak gol cepat ketika pertandingan baru berjalan 2 menit.

Menghadapi Chelsea yang menguntit di bawahnya di papan klasemen, Everton berkali-kali merepotkan punggawa belakang kubu Rafael Benitez, namun tidak juga mampu menambah gol hingga 40 menit babak pertama.

Chelsea yang juga bermain cepat menusuk pertahanan Everton melalui Torres, Juan Mata, dan Lampard berkali-kali dipatahkan pemain belakang Everton.

Beberapa tendangan David Luiz, beberapa di antaranya melalui tendangan bebas juga belum membuahkan hasil untuk menyeimbangkan angka di papan skor.

Chelsea baru mampu membalas gol pada menit 42 melalui Frank Lampard yang dengan gemilang memanfaatkan umpan Nascimento Ramires.

Meski kemudian kedua tim saling menyerang dan mencoba menambah gol, hingga peluit tanda berakhirnya babak pertama ditiup kedudukan tetap sama kuat 1-1.

Memasuki babak kedua, Petr Cech tidak kembali ke lapangan, digantikan kiper kedua Chelsea Ross Turnbull, setelah berjibaku menahan serangan Everton selama babak pertama.

Masih imbang 1-1, permainan semakin keras hingga pemain Everton Naismith dihadiahi kartu kuning ketika pertandingan babak kedua baru berjalan satu menit.

Hanya selang sekitar satu menit kemudian, giliran Gary Cahill melakukan pelanggaran, dan kartu kuning pertama bagi Chelsea.

Tendangan bebas untuk Everton diekseskusi Thomas Hitzlsperger, Steven Naismith menyambut di depan, namun sayang ia berada dalam posisi offside.

Setelah beberapa kali serangan Everton dipatahkan kiper Turnbull, Peanaar harus mendapatkan kartu kuning pada menit 63.

Kiper Everton malam ini juga tampil gemilang, pada menit 66 kembali menyelamatkan gawang Everton dari ancaman Fernando Torres yang melayangkan tembakan dari jarak jauh. Kemudian tendangan Lampard juga dicegatnya dengan baik.

Beberapa menit selanjutnya, Juan Mata melakukan tembakan, namun berhasil diblok kiper Tim Howard, bola mental, dan Lampard datang menyapu bola dan gol. Gol kedua Lampard itu tercipta pada menit 72.

Tertinggal 1-2, Everton terus menekan hingga beberapa kali pemain belakang Chelsea menyapu bola ke luar lapangan untuk menyelamatkan daerah pertahanannya.

Everton nyaris menyamakan kedudukan melalui tendangan jarak jauh, tapi apes bola membentur mistar gawang, sebelum kemudian pemain belakang Chelsea menendangnya menjauh.

Walaupun pelatih David Moyes memasukkan sejumlah pemain pengganti di babak kedua, kedudukan tidak berubah hingga pertandingan berakhir.

Lampard menjadi pahlawan Chelsea dengan dua golnya untuk menyumbang tiga poin bagi the Blues.

Dengan hasil itu, Chelsea naik ke peringkat tiga papan klasemen Liga Utama Inggris dengan mengantongi poin 38, terpaut 4 poin dengan Manchester City yang berada di atasnya.

Sementara Everton harus merosot ke posisi keenam dengan poin 33, demikian menurut data klasemen yang dilansir premierleague.com.

(*)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012