Washington (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami penyempitan pembuluh darah menyusul sebuah insiden beberapa pekan lalu, kata pejabat senior Kementerian Luar Negeri AS Philippe Reines seperti dikutip AFP.

Belum lama di bulan ini, Clinton mengeluh sakit karena bakteri busuk pada lambung yang berujung pada pingsan dan gegar otak. Tapi Kemenlu AS menegaskan dia akan pulih pulih dan bekerja kembali Senin ini.

"Para dokter Clinton menemukan telah terjadi penyempitan pembuluh darah yang berakar dari gegar otak yang dideritanya beberapa pekan lalu," kata Reines.

"Dia diobati dengan antikoagulan dan berada di Rumah Sakit Presbyterian New York sehingga para dokter bisa memonitor pengobatnnya dalam 48 jam ke depan," katanya lagi.

Clinton (65) tidak bekerja lagi semenjak kembali dari lawatan luar negerinya pada 7  Desember, namun pembantunya menyebut dia bekerja dari rumah.

Ketakmunculannya di depan publik belakangan ini membersitkan kecurigaan dari sejumlah pengkritiknya bahwa dia mencoba menghindari dengar pendapat dengan Kongres mengenai serangan maut ke Kedubes AS di Libya beberapa bulan lalu. (*)

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012