Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Josef Nae Soi memastikan hidangan untuk para tamu kenegaraan peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN (ASEAN Summit) pada 9-11 Mei 2023 sudah diperiksa dan bebas dari kandungan formalin.

Hal itu diungkapkan Wagub NTT Josef Nae Soi menanggapi kabar Presiden Joko Widodo yang nyaris mengonsumsi buah mengandung formalin di Labuan Bajo, Kabupaten, Manggarai Barat, NTT, saat liburan bersama keluarga.

"Itu pasti sudah dilihat, diperiksa pasti tamu. Dari negaranya sendiri sudah terperiksa, enggak mungkin dikasih makanan yang begitu. Enggak mungkinlah," kata Josef saat ditemui di Halaman Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis.

Josef memastikan tidak akan mengambil hidangan dari tempat makan yang sama dengan yang dikunjungi Presiden dan keluarga.

Baca juga: Wakapolri cek kesiapan pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo

"Makanan pasti enggak mungkinlah ngambil dari situ, enggak mungkin," kata dia.

Josef menilai bahwa peran pemerintah daerah dalam pelaksanaan KTT ASEAN sebagai faktor pendukung dalam menyiapkan hal-hal teknis selain yang sudah dipersiapkan Presiden dan pemerintah pusat.

Baca juga: Dekranasda siapkan tenun Manggarai Barat untuk 11 kepala negara ASEAN

"Kami menyiapkan di sana ada tarian atau tidak, kemudian anak-anaknya pas ibu-ibu mau ke tempat suvenir ada pagar betis atau tidak. Ini hal-hal teknis kami sebagai tuan rumah. Hal-hal yang prinsip urusan dari menko (menteri koordinator)," kata dia.

Dalam kesempatan sebelumnya, Presiden Joko Widodo meninjau sejumlah lokasi yang akan digunakan dalam pelaksanaan KTT ASEAN, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (25/4).

Jokowi tiba di Labuan Bajo sejak Sabtu malam (22/4). Selain meninjau lokasi KTT ASEAN, Jokowi mengajak serta keluarganya untuk berlibur. Kemudian, Senin (24/4), Jokowi meninjau daerah Loh Buaya, Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo.

Dalam kunjungannya ke Loh Buaya, Jokowi melewati jalan jerambah ("elevated deck") yang telah terbangun. Dia menyempatkan diri beristirahat sebentar di Cafe Ranger sebelum menuju Komodo Information Center untuk melihat 52 diorama.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023